Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda

Mengecat rumah menjadi cara yang banyak dilakukan orang untuk mengubah tampilan hunian. Tapi Anda juga perlu perhatikan warna cat rumah yang Anda pilih.

Warna cat rumah sangat bervariasi. Cat berbahan lateks merupakan jenis cat yang paling umum dan paling banyak dipilih karena mudah dibersihkan dan usia pemakaiannya cukup panjang. Cat lateks juga lebih tahan terhadap noda. Anda bisa gunakan cat lateks untuk hampir seluruh dinding rumah.

Cat dengan bahan dasar minyak lebih lama kering dibanding cat lateks. Jadi Anda membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses pengeringan.

Warna cat rumah yang tepat

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: 99.co

Semakin mengkilap cat, akan semakin mudah dibersihkan. Bila Anda punya anak kecil dan ruangan yang Anda cat sering digunakan, misalnya di area bermain, atau dindingnya berisiko terkena cipratan minyak seperti di dapur, pilih cat yang high gloss (sangat mengkilap) karena bisa lebih mudah dibersihkan dengan lap basah.

Cat high gloss juga membuat cacat di dinding lebih samar di ruangan seperti ruang tamu. Selain itu, warna cat rumah high gloss memberi tampilan akhir yang menarik.

Cat semi gloss bisa jadi pilihan tepat untuk dapur dan kamar mandi karena membuat Anda mudah membersihkannya.

Baca artikel lainnya tentang hal menarik dari bioteknologi.

Bila ada banyak cacat pada dinding, pilih cat warna matte. Kekurangan dari warna cat rumah ini adalah warnanya tidak mencolok dan akan terlihat bila dinding kotor.

Jadi sebaiknya pilih cat ini untuk ruangan yang tidak banyak digunakan.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: mremodeling.net

Bila rumah yang Anda cat akan dijual, sebaiknya pilih warna putih untuk semua dinding. Ini akan membuat pembeli lebih mudah menutup dinding dengan warna pilihan mereka sekaligus membuat ruangan terasa lebih terang dan bersih.

Mengecat dengan warna-warna sejuk seperti biru, hijau, dan ungu membuat ruangan kecil terasa lebih besar dan lebih bersirkulasi. Sedangkan warna seperti merah, kuning, dan orange menimbulkan kesan bersemangat pada ruangan.

Warna netral membuat ruangan tampak elegan dan fleksibel. Warna netral tidak hanya terbatas pada putih atau beige. Anda bisa ubah ruang tamu yang simpel menjadi elegan dengan memilih variasi warna netral seperti warna almond.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: i.ytimg.com

Anda juga bisa tambahkan sentuhan warna pada ruangan, misalnya melalui penggunaan bantal atau vas bunga yang ditempatkan di ruangan. Jangan takut menambahkan tekstur ke aksesoris ruangan.

Warna netral membuat Anda lebih fleksibel dan bisa dengan cepat mengubah nuansa ruangan. Anda bisa mudah mengganti suasana netral dengan menambahkan aksesoris dengan warna berbeda.

Anda pun bisa memilih warna netral yang lebih ringan dan memvariasikan tampilan ruang. Ingat, semakin ringan pilihan warna cat, semakin lapang ruangan terlihat.

Warna cat kamar tidur

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: sherwin-williams.com

Ketika memilih warna cat kamar tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Yang paling penting, kamar tidur adalah tempat untuk istirahat dan relaksasi jadi untuk kebanyakan orang pilihan warna tenang dan menenangkan sangat tepat.

Kamar tidur juga bersifat sangat personal, jadi jika warna mencolok bisa membuat Anda senang, silahkan saja. Anda bebas menggunakannya.

Warna pastel bisa jadi pilihan tepat. Warna pastel sifatnya lembut, membuat rileks, dan bisa membuat tidur Anda lebih baik. Anda bisa gunakan warna biru lembut, lavender, hijau, kuning, atau pink.

Agar kamar tidak terkesan kekanak-kanakan, Anda bisa menambah aksen dengan aksesoris berwarna lebih terang atau furniture kayu berwarna gelap.

Apakah ada cahaya alami  di dalam kamar?

Cahaya alami bisa membuat ruang terasa lebih luas sehingga ini juga jadi pertimbangan ketika menentukan warna cat. Ruangan kecil dengan banyak cahaya bisa terlihat besar dibanding ruang kecil tanpa jendela.

Warna cat rumah bagian luar

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: hgtvhome.sndimg.com

Perhatikan gaya arsitektur rumah Anda. Pilihan warna cat Anda harus sesuai dengan gaya hunian.

Pertimbangkan juga efek visual yang Anda inginkan. Perhatikan kesatuan hunian Anda dengan jalan dan landscape secara keseluruhan. Apakah rumah Anda tersembunyi dari jalan atau terhalang pepohonan? Anda bisa pilih warna yang lebih cerah atau lebih terang agar hunian terlihat mencolok.  Sebaliknya, pilihan warna yang lebih gelap akan membuat hunian Anda terlihat samar.

Coba gunakan dua atau tiga pilihan warna. Yang penting, skema eksterior terdiri dari tiga bagian utama, warna field yang dominan, warna aksen untuk pintu atau area kecil lainnya, dan warna trim untuk rangka jendela dan pintu serta railing.

Idealnya, warna trim harus sangat kontras dengan warna dominan. Bila Anda ingin warna gelap, pilih warna trim yang klasik atau yang pucat. Warna utama yang terang bisa terlihat menonjol bersama warna trim yang gelap. Ini ibarat eyeliner untuk rumah, yang memberi efek dramatis.

Anda bisa leluasa memilih warna aksen, tapi jangan berlebihan. Pintu yang dicat dengan warna merah terang atau kuning lemon memberi kesan mencolok yang tepat.

Bila bingung, jangan khawatir, ada banyak merek cat yang menawarkan palet warna yang bisa Anda pilih.

Rekomendasi merek cat

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: hgtvhome.sndimg.com

Cara umum yang biasa ditempuh untuk menciptakan suasana baru di rumah adalah dengan mengecatnya. Anda bisa pilih warna baru untuk membuat ruangan terasa lebih hidup.

Tentunya untuk mewujudkan hal ini, hal penting yang perlu Anda lakukan adalah seksama memilih cat. Di pasaran, ada banyak sekali merek cat yang bisa membuat konsumen bingung memilih.

Tapi berikut ini ada rekomendasi merek cat yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memulai mengecat rumah dengan warna baru:

Dulux

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: kingfisher.scene7.com

Dulux jadi salah satu merek cat terbaik. Cat Dulux dilengkapi dengan fitur chrome brite. Selain itu, cat Dulux bebas dari bahan merkuri. Jadi cat ini tidak membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Cat Dulux tidak mengeluarkan bau menyengat. Sehingga setelah proses pengecatan, Anda dan keluarga tidak akan merasa terganggu dengan baunya.

Nippon Paint

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: horme.com.sg

Cat tembok Nippon Paint sudah cukup dikenal. Nippon Paint mengandung formula yang bisa mengurangi tingkat Volatile Organic Compound (VOC) hingga hampir nol.

Nippon Paint juga tidak menimbulkan bau menyengat baik selama atau setelah proses pengecatan. Ditambah lagi, Nippon Paint terkenal sebagai cat tembok yang tahan lama.

Jotun

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: paintercube.com

Jotun menawarkan varian cat yang mudah dibersihkan. Ini sangat tepat untuk hunian keluarga dengan anak kecil. Anak-anak senang bereksperimen di dinding. Cat Jotun memudahkan Anda membersihkan kotoran pada dinding.

Cat Jotun juga rendah kandungan Volatile Organic Compound (VOC)  serta anti jamur.

Decolith

Tips Memilih Warna Cat Rumah Untuk Percantik Hunian Anda
Photo credit: i40.tinypic.com

Cat Decolith berbahan dasar full acrylic. Cat ini berbahan dasar air sehingga ramah bagi lingkungan. Decolith juga bebas timbal dan merkuri. Selain itu, ketika diaplikasikan pada dinding, lapisan cat ini tidak mengapur.

Tinggalkan komentar