Ukuran Foto Ideal Untuk Postingan di Media Sosial

Anda punya tool untuk menciptakan gambar yang menarik untuk media sosial. Anda tahu kalau otak menyukai unsur visual. Tapi bagaimana seharusnya ukuran foto yang sesuai untuk postingan di media sosial?

Ada banyak yang perlu diperhatikan dalam menciptakan gambar yang bagus untuk media sosial. Ukuran dan bentuk, tinggi, lebar dan orientasi gambar adalah elemen yang paling mempengaruhi bagaimana sebuah gambar akan muncul di media sosial.

Untungnya ada jawaban untuk bagaimana menciptakan gambar ideal yang muncul secara konsisten di timeline audiens Anda.

Ukuran foto ideal untuk media sosial

Photo credit: Google

Ukuran foto jadi topik besar untuk dibicarakan. Ada ukuran foto ideal untuk cover photo dan profile picture, iklan Facebook, dan Twitter.

Kebanyakan saluran media sosial seperti Facebook dan Twitter kini memberi Anda kontrol lebih terhadap bagaimana tampilan profile picture dan cover photo Anda.

Ukuran foto paling tepat untuk dibagikan di media sosial

Tweet dengan gambar memperoleh retweet 150 persen lebih banyak dibanding yang tidak memiliki gambar. Secara umum, berikut ukuran  terbaik untuk membagikan gambar di media sosial.

  • Facebook – 1,200 x 628
  • Twitter – 1,024 x 576
  • Instagram – 1,080 x 1,080
  • LinkedIn – 552 x 368
  • Pinterest – 600 x 900
  • Google+ – 800 x 320

Gunakan foto horizontal untuk dibagikan di Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google+. Gunakan foto vertikal untuk dibagikan di Pinterest.

Baca juga  Siap Membanjiri List Email Anda Dengan Konten Bermanfaat?

Ukuran foto ideal untuk postingan Facebook

Photo credit: Google

Orientasi foto, baik horizontal (landscape) maupun vertical (portrait), akan menentukan dimensi mana yang Facebook gunakan untuk menunjukkan gambar Anda.

Bila Anda mengupload gambar horizontal (landscape), ukurannya menjadi 476 pixels dan tingginya disesuaikan.

Bila Anda mengupload foto vertical (portrait), lebarnya 476 pixel dan tingginya disesuaikan, tapi maksimal 714 pixels. Facebook akan memotong bagian bawah gambar jika ukurannya lebih dari 714 pixel.

Bila Anda membagikan link ke Facebook, gambar dan link bisa ditampilkan dengan beberapa cara. Kembali, semua bergantung ukuran foto dan orientasinya. Bila Anda menambahkan banyak gambar pada link postingan, Facebook akan secara otomatis mengubahnya. Tiap gambar dipotong hingga ukurannya 300 x 300 pixel.

Ukuran foto ideal untuk tweet

Photo credit: Google

Gambar di Twitter muncul di timeline dengan ukuran 506 x 253 pixel. Kini gambar Twitter terlihat lebih besar dan tidak selalu dipotong ketika dilihat dari desktop.

Membagikan foto tunggal di Twitter

Pada desktop, apapun orientasi gambar Anda, baik horizontal maupun vertikal, ukurannya akan 506 pixel lebarnya dan tingginya akan disesuaikan, tapi maksimal 506 pixel. Bagian atas dan bawah gambar akan dipotong.

Jadi foto persegi akan sesuai berada di tempat yang tersedia. Bila Anda mengupload foto yang lebih kecil dari 506 x 253 pixel, akan ada area putih pada kanan gambar.

Pada perangkat mobile, foto akan di-crop sehingga bentuknya persegi panjang horizontal. Ukuran 1200 x 675 pixel merupakan ukuran gambar yang ideal untuk tampil di perangkat mobile.

Membagikan banyak gambar di Twitter

Photo credit: Google

Twitter juga membolehkan Anda mengupload hingga 4 gambar pada tiap tweet. Dulunya gambar yang digunakan ditampilkan dalam 4 persegi panjang yang sama tapi kini dipotong menjadi persegi dan gambar pertama yang Anda upload terlihat lebih besar.

Baca juga  Mengirim Email Di Waktu Yang Tepat Dalam Email Marketing

Gambar akan punya ukuran berbeda bergantung jumlah foto yang Anda upload dan di-crop menjadi bentuk persegi.

  • Dua foto : berukuran tinggi 252 pixel dan di-crop menjadi lebar 252 pixel
  • Tiga foto : berukuran tinggi 337 pixel dan di-crop menjadi lebar 337 pixel
  • Empat foto : berukuran tinggi 379 pixel dan di-crop menjadi lebar 379 pixel.

Pada perangkat mobile, gambar juga akan di-crop tapi dengan ukuran berbeda.

Membagikan foto di Instagram

Photo credit: Google

Instagram dulunya menggunakan gambar persegi. Tapi Anda sekarang bisa mengupload foto landscape (horizontal) atau portrait (vertical). Berikut ini ukuran terbaik untuk 3 jenis foto untuk instagram.

  • Gambar persegi : 1080 x 1080 pixel
  • Gambar vertikal : 1080 x 1350 pixel
  • Gambar horizontal : 1080 x 566 pixel.

Baca artikel lainnya tentang fakta menarik Hello Kitty.

Membagikan foto ke profil personal LinkedIn Anda

Ukuran foto ideal untuk LinkedIn adalah 552 x 368 pixel. Bila Anda mengupload gambar secara langsung, gambar akan muncul pada ukuran 552 x 368 pixel. Gambar akan dipotong agar sesuai pada kotak.

Sepertinya bila Anda mengupload gambar landscape, LinkedIn akan mengubahnya jadi ukuran 368 x 552 pixel dan memotong bagian bawah gambar.

LinkedIn hanya memotong gambar pada image preview. Orang masih bisa melihat gambar penuh dengan meng-kliknya.

Bila Anda membagikan gambar ke profil LinkedIn menggunakan Buffer, idealnya berukuran 800 x 800 pixel. Bila Anda membagikan link dan artikel ke LinkedIn, image preview akan dipotong agar sesuai dengan ukuran 520 x 272 pixel.

Membagikan foto ke Company Page LinkedIn

Photo credit: Google

Foto yang dibagikan ke LinkedIn Company Page akan terlihat sedikit berbeda dengan gambar yang Anda bagikan ke personal profile. Anda bisa gunakan rasio 1,91:1, akan lebih baik jika foto berukuran 1200 x 627 pixel.

Baca juga  Pengertian Puisi dan Sastrawan Populer Indonesia

Juga, foto Anda setidaknya memiliki lebar 200 pixel atau akan muncul sebagai thumbnail pada sisi kiri postingan. Gambar akan berubah agar sesuai dengan ukuran 436 x 228 pixel.

LinkedIn tidak memotong gambar ketika tidak sesuai pada kotak. LinkedIn mengukur dan menambahkan area abu-abu.

Bila sebuah gambar terlalu lebar (landscape), LinkedIn akan mengubahnya menjadi ukuran lebar 436 pixel, menyesuaikan tingginya dan menambahkan area abu-abu pada bagian atas dan bawah gambar.

Bila sebuah foto terlalu tinggi, LinkedIn akan mengubahnya menjadi 228 pixel, menyesuaikan lebarnya dan menambahkan area abu-abu pada sisi kanan dan kiri gambar. Gambar pada perangkat mobile juga berlaku sama.

Ukuran foto ideal untuk Pins Pinterest

Photo credit: Google

Pada bagian feed, gambar Pinterest memiliki lebar 236 pixel. Tingginya akan disesuaikan, hingga maksimal 800 pixel. Bila pengguna meng-klik untuk memperlebar foto, bagian yang dipotong pada gambar akan muncul.

Bila Anda meng-klik untuk memperluas gambar yang di-pin, gambar akan memiliki lebar 564 pixel. Tingginya akan disesuaikan.

Perbandingan ukuran untuk gambar di Pinterest adalah 2 : 3, dengan lebar minimal 600 pixel.

Tinggalkan komentar