Tunjukkan Kepedulian Kepada Pelanggan Email Anda (Studi Kasus)

Tunjukkan Kepedulian Kepada Pelanggan Email Anda

Pelanggan email Anda ada sekitar puluhan orang, bahkan mungkin hingga ratusan ribu jumlahnya, dan banyak email lainnya yang diterima setiap hari dari berbagai orang dimana mereka berlangganan email.

Ingat, pelanggan email Anda biasanya juga berlangganan email dari lainnya baik itu corporate, pebisnis perorangan dan email pribadi. Tentu saja mereka banyak mendapatkan promo dan tawaran untuk memulai free trial, mendownload ebook atau membeli produk.

Ada berbagai macam email di kotak masuk mereka. Dengan menunjukkan kepada pengguna bahwa Anda peduli adalah cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan mereka sehingga email Anda lebih berpotensi untuk mendapatkan prioritas dibaca.

Peduli pada pelanggan (customer care) tidak hanya digunakan pada pasca penjualan saja, namun sebelum mereka membeli produk dari Anda dan ini juga berlaku dalam dunia email marketing.

Dengan menerapkan cara ini, maka bisa meningkatkan loyalitas pelanggan email kepada Anda secara personal.

Netflix misalnya, menggunakan pendekatan yang bersahabat saat keadaan mendesak. Contoh trik marketing ini, “HARI TERAKHIR UNTUK MENONTON !!!” jangan putus asa.

Perkataan diatas digunakan sebagai pancingan agar pelanggan tertarik melakukan perpanjangan masa free trial dan melakukan upgrade.

Sebagian orang cukup sibuk dan Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk mengevaluasi Netflix untuk mengambil keputusan mau upgrade atau tidak.

Yang dilakukan Netflix adalah memperdulikan pelanggan emailnya.

Peduli pada pelanggan email

Kevan Lee dari Buffer mengatakan bahwa saran email terbaiknya adalah “Membuat Puas Pelanggan Anda”.

Traveloka menggunakan saran tersebut untuk meningkatkan kepuasaan pada pelanggan. Mereka memberi saya hak travel plus berupa diskon hingga 10%! Menurut Anda Apakah Saya akan membuka email berikutnya yang mereka kirim?

Tentu saja. 🙂

Peduli pada pelanggan email

Tentu saja, ini juga berkaitan dengan keputusan bisnis mereka, bukan hanya strategi email marketing. Namun keputusan tersebut mencerminkan misi Traveloka sebagai perusahaan yang ingin membuat pelanggan mereka puas. Email hanyalah cerminan dari misi utama mereka.

Baca juga  Mengenal Metamorfosis Katak

Terima kasih Traveloka.

Kerennya lagi, email-email di atas juga berfungsi sebagai cara untuk membuat pelanggan email merasa istimewa dengan menggunakan layanan mereka. 

Tinggalkan komentar