Teks Cerita Sejarah, Apa Saja Ciri-ciri dan Contohnya?

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan teks cerita sejarah? Teks cerita sejarah artinya teks yang berisi sebuah peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu dan tetap berdasarkan fakta.

Pada teks cerita sejarah, peristiwa yang terjadi disusun secara kronologis sesuai urutan waktu terjadinya.

Menurut Wikipedia, Sejarah merupakan kajian tentang masa lalu, khususnya yang berkaitan dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia sejarah babad, hikayat, riwayat, tarikh, atau tambo dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah.

Penyusunan teks cerita sejarah didasarkan pada fakta dan data yang objektif.

Struktur teks cerita sejarah

Photo credit: Google

Struktur cerita teks sejarah non fiksi terdiri dari:

Orientasi

Orientasi berisi gambaran umum seputar peristiwa yang diceritakan pada sebuah teks cerita sejarah.

Urutan peristiwa

Urutan peristiwa berisi peristiwa sejarah yang penyusunannya sesuai urutan waktu.

Komplikasi

Komplikasi berisi masalah-masalah yang menimbulkan konflik.

Reorientasi

Reorientasi berupa penegasan ulang pada teks cerita sejarah. Yang perlu diingat, tidak semua cerita sejarah mencantumkan bagian reorientasi.

Yang perlu diperhatikan dalam susunan teks cerita sejarah

Photo credit: Google

Ketika membuat teks cerita sejarah, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Urutan kronologis. Peristiwa-peristiwa yang dituliskan harus mengikuti urutan kronologisnya dari awal sampai akhir.
  • Tentukan fakta kausal (penyebab), fakta peristiwa, fakta penyebab.
  • Uraian dalam bentuk deskriptif-naratif perlu menggunakan proses serialisasi. Serialisasi berarti mengurutkan peristiwa berdasarkan aturan yang telah disebutkan di atas.
  • Pisahkan penuturan dua peristiwa atau lebih yang terjadi di waktu bersamaan.
  • Diantara banyaknya peristiwa-peristiwa kecil yang terjadi, pilih yang mana yang dianggap paling penting.
  • Waktu dan tempat bisa dibagi menjadi subunit tanpa menghilangkan keterkaitannya.
  • Bila perlu, gunakan periodisasi waktu.
Baca juga  Gunakan Teknik Unboxing Pada Email Marketing Anda

Contoh teks cerita sejarah

Berikut ini beberapa contoh cerita sejarah:

Sejarah Terciptanya Instagram

Photo credit: Google

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal dengan instagram? Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mem-filter digital, menambahkan efek, dan mempubikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk ke dalam jejaring Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni “insta” yang berarti “instan” seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata “gram” mengarah pada kata “telegram” yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa:

Burbn, Inc yang merupakan perusahaan start up teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu. Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemrograman yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal saja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil menciptakan versi pertama dari Instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari Instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya. Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi Burbn (Instagram) ini akhirnya sudah dapat diujicoba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Photo credit: Google

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya Mike dan Kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini.

Baca juga  Siap Membanjiri List Email Anda Dengan Konten Bermanfaat?

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal  09 April diumumkan sebuah berita besar yakni saham dan kepemilikan Instagram akan diambil alih oleh Mark Zuckerberg selaku pemiliki Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi:

Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat Instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

(sumber: ruangguru.com)

Sejarah Internet

Photo credit: Google

Orientasi:

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi bisa dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Photo credit: Google

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang bisa mudah dihancurkan.

Urutan Peristiwa:

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Baca juga  Menggunakan Judul Email Yang Sama Dalam Email Marketing (Studi Kasus)

Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Photo credit: Google

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi 2, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.

Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Reorientasi:

Sekarang internet sudah menjadi hal yang sangat penting bagi manusia, contohnya untuk siswa sekolah. Mereka bisa mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah, semua itu bisa asalkan mereka mempunyai koneksi internet.

(sumber: brainly.co.id)

Nah sekarang kamu sudah tahu kan hal penting apa saja yang harus ada dalam teks cerita sejarah? Semoga informasi yang di atas bisa membantumu untuk lebih memahami tentang contoh teks cerita sejarah.

Tinggalkan komentar