Tips Membuat Taman Minimalis di Dalam dan di Luar Rumah

Saat ini kebutuhan hunian pribadi meningkat. Ini berkebalikan dengan ketersediaan lahan. Karenanya desainer hunian perlu lebih kreatif dalam mendesain rumah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kini banyak rumah yang dilengkapi dengan taman minimalis baik di dalam maupun di luar rumah. Ini membuat rumah jadi lebih nyaman dan cantik.

Taman minimalis di dalam rumah

taman minimalis
Photo credit: i.pinimg.com

Ada banyak alasan kenapa orang membuat taman minimalis di dalam ruangan. Misalnya, taman minimalis akan menjadi dekorasi yang cantik di rumah sekaligus menjernihkan udara. Dengan menciptakan taman minimalis di rumah, bisa menurunkan stres setelah Anda melewati jam-jam sibuk bekerja. Alasan lain, tanaman tidak hanya mengangkat karbon dioksida dari udara, tapi juga mengangkat racun dan polutan dari rumah Anda.

Tapi sebelum mulai membuat taman minimalis ini, ada beberapa tips untuk menciptakan taman minimalis di dalam rumah.

Tentukan lokasi di rumah yang akan digunakan sebagai taman minimalis

taman minimalis
Photo credit: gardendesign.com

Jangan sampai lokasi taman membuat Anda tidak nyaman melakukan aktivitas di dalam rumah. Cari tempat terbaik di rumah untuk tiap tanaman, dan jangan takut mencoba lokasi berbeda hingga Anda menemukan tempat terbaik. Layout tempat akan menentukan kecantikan taman. Lebih baik, tempat yang digunakan untuk membuat taman berada di belakang atau bawah tangga. Pastikan ada cahaya yang cukup agar tanaman bisa melakukan proses fotosintesis dengan efektif.

Baca juga  6 Fakta Unik Tentang Burung Lovebird Yang Perlu Anda Tahu

Pilih konsep taman

taman minimalis
Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Konsep taman minimalis di dalam ruangan harus jadi pertimbangan utama. Rumah sebagai bagian dari gaya hidup. Beberapa tahun belakangan rumah masih merujuk pada gaya minimalis, dengan taman di dalamnya, sehingga memberi kesan trendi dan praktis.

Rumah minimalis dianggap merefleksikan gaya hidup yang ringan, efisien, dan simpel. Bila rumah dan taman dalam ruangan didesain dengan kesatuan yang harmonis, maka penghuninya bisa memperoleh energi yang positif.

Pemilihan tanaman

taman minimalis
Photo credit: barvaskintherapie.com

Penggunaan tanaman di desain moderen bisa lebih sulit karena desain moderen lebih menuntut kesan bersih dan simpel. Alam, sebaliknya, cenderung lebih liar dan berantakan. Tapi ini tidak berarti interior moderen tidak butuh nuansa alam yang hijau. Ada cara untuk mengatasinya dan membawa tanaman ke dalam desain sebagai lapisan kreatif yang sama pentingnya seperti aksesoris lain di dalam ruangan. Banyak tanaman yang bisa digunakan di dalam rumah.

Baca artikel lainnya tentang tanaman hias indoor untuk percantik rumah.

Dan yang paling penting adalah tidak meletakkan tanaman di dekat pendingin ruangan dan alat pemanas karena bisa membuat tanaman cepat mati

Taman minimalis di luar rumah

Tersedia ruang outdoor berarti membuka kesempatan untuk menikmati udara segar. Anda perlu ciptakan ruang outdoor yang mudah maintenance karena berarti Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk mengurusnya .

Tentukan kegunaan dari taman minimalis di luar rumah

taman minimalis
Photo credit: i.ytimg.com/

Kita menggunakan taman untuk tujuan berbeda, jadi tentukan dengan pasti untuk tujuan apa taman yang akan Anda buat. Bila ada anak kecil yang akan berlarian di sekitar taman, mungkin area kecil di bagian sudut bisa jadi pertimbangan. Atau Anda ingin taman sebagai tempat untuk duduk dan rileks sambil menikmati kopi, atau menjamu tamu yang datang.

Baca juga  11 Tanaman Hias Indoor Untuk Percantik Rumah Anda

Buat perencanaan

Sekarang waktunya untuk membuat perencanaan. Anda bisa gunakan aplikasi di internet untuk membantu Anda membuat layout taman. Gambar sederhana juga tidak masalah. Dengan membuat perencanaan Anda bisa memaksimalkan ruang outdoor yang kecil.

Manfaatkan dinding

Meski dengan area tanah terbatas, taman kecil bisa dibangun ke atas. Dinding di sekitar taman seperti kanvas untuk tujuan desain Anda. Dengan menggunakan keranjang gantung di area yang tinggi Anda memanfaatkan tempat yang ada dan menghilangkan kesan taman terlihat kecil.

Ciptakan privasi

taman minimalis
Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Biasanya taman dikelilingi oleh bangunan lain, atau setidaknya berbatasan dengan rumah tetangga. Bila memungkinkan, coba gunakan pohon yang agak tinggi di taman untuk memberi sedikit privasi. Ini juga membuat taman terasa lebih rindang.

Bahkan akan lebih baik bila Anda memilih pohon atau tanaman yang tidak hanya pas dengan gaya taman tapi juga menambah warna karena ini akan memberi ilusi ruangan yang lebih luas, seperti fungsi cermin di dalam rumah.

Pemilihan tanaman

Anda bisa gunakan tanaman lavender untuk memperoleh warna yang cantik dan aromanya bisa mengusir serangga. Lavender bisa bertahan lama, dan hanya perlu disiram satu atau dua kali seminggu bila hujan tidak turun teratur.

Bunga yang tumbuh sepanjang musim

Photo credit: images.pexels.com

Tambahkan warna pada taman dengan tanaman bunga yang mekar sepanjang musim. Bila melihat bunga mekar di taman, serasa hidup jadi lebih berwarna bukan?

Pemilihan rumput

Pilih jenis rumput yang tumbuh alami di area Anda. Bila memilih rumput yang sesuai dengan iklim, maintenance-nya akan lebih mudah. Anda bisa cari rumput mana yang paling cocok di area Anda, sehingga bisa menghemat uang untuk menyiram, memupuk ,dan hal lainnya.

Baca juga  Teknik Jagal Sapi: Panduan Penyembelihan Dari Awal Hingga Tuntas!

Tanaman di dalam pot

Meletakkan tanaman di dalam pot di taman tidak hanya berarti mudah perawatannya tapi juga lebih fleksibel.

Penggunaan pot sangat cocok bila Anda ingin ada warna berbeda pada taman. Lagi pula, pot mudah dipindahkan. Bila ada acara di dekat taman, Anda bisa pindahkan pot agar area lebih luas.

Rumput buatan

taman minimalis
Photo credit: thegrassoutlet.com

Di rumah ada anak kecil atau hewan peliharaan? Jangan takut untuk mencoba rumput buatan. Orang selalu bertanya bagaimana membuat taman aman bagi anak dan hewan peliharaan, tak perlu khawatir anak berlarian dan merusak rumput. Bila menggunakan rumput buatan, maintenance juga lebih mudah.

Tambahkan furniture

 

taman minimalis
Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Seperti pada ruang indoor yang minimalis, pemilihan furniture di taman yang kecil harus memperhatikan ukurannya. Daripada furniture besar dan berat, pilih yang lebih ramping seperti kursi kafe. Rotan lebih ringan dan memungkinkan udara dan cahaya melewatinya sehingga memberi kesan dinamis dan luas. Bila Anda ingin furniture yang lebih kokoh, pilih yang rendah,  yang bisa memberi ruang di bagian atasnya.

Jangan lupa maksimalkan taman minimalis Anda dengan menggunakan tanaman dengan ketinggian berbeda. Misalnya, pohon yang tinggi akan memberi elemen vertikal yang Anda inginkan tapi juga memberi ruang di bawahnya untuk tanaman lain dengan tinggi medium. Dengan begitu Anda bisa gunakan tanaman lebih banyak tanpa menimbulkan kesan sumpek.

 

Tinggalkan komentar