Struktur Proposal Untuk Keperluan Bisnis

Proposal bisnis adalah penawaran tertulis dari penjual/pemilik bisnis ke pembeli/investor prospektif yang ditulis dalam bentuk formal dan terstruktur. Struktur proposal bisnis menyertakan judul halaman, executive summary, pendahuluan, masalah, solusi, rencana kerja, staffing, anggaran, evaluasi, dan kesimpulan.

Judul dan executive summary pada struktur proposal

Photo credit: Google

Judul dari proposal bisnis harus menyertakan tentang apa isi proposal dalam istilah yang jelas. Bagian executive summary memberi informasi dasar terkait projek, seperti tujuan projek, solusi, biaya, dan metodologi. Bagian ini punya dua tujuan:

  • menarik perhatian pembaca terhadap detail yang ditampilkan
  • memberi orientasi ke pembaca untuk memahami point-point yang ada.

Bagian executive summary, meski ditempatkan di bagian awal, tapi dibuat terakhir, karena memberi intisari dari laporan. Idealnya, bagian ini harus dibatasi menjadi dua atau tiga halaman saja, dan tidak lebih dari 10 persen dari total panjang laporan.

Bagian pendahuluan

Photo credit: Google

Komponen pendahuluan dari struktur proposal bisnis idealnya mencakup:

  • Aktivitas utama dari entitas bisnis
  • Riwayat singkat pencapaian yang relevan
  • Tujuan proposal
  • Sumber yang membantu menyiapkan proposal
  • Orang-orang penting yang akan menjalankan projek
  • Detail kontak orang-orang yang akan menjalankan projek untuk dihubungi untuk follow up proposal
  • Penerima proposal
  • Tanggal proposal dan validitasnya

Sebaiknya bagian pendahuluan terdiri dari satu halaman saja, tapi mencakup semua detail di atas.

Baca juga  Penelitian Sosial dan Contohnya

Bagian masalah

Photo credit: Google

Bagian masalah adalah komponen penting dari metodologi proposal bisnis, bagian ini menjelaskan apa yang coba dicapai proposal.

Komponen utama yang ada di bagian masalah:

  • Pernyataan masalah disertai fakta, statistik, perbandingan, serta wawancara
  • Relevansi yang dibutuhkan, atau kenapa masalah perlu resolusi
  • Status saat ini, mencakup riwayat performa masa lalu dalam bentuk grafik atau tabel, untuk membuktikan adanya ketimpangan antara kondisi yang ada dan kondisi ideal, dan apa yang dibutuhkan untuk mempengaruhi perubahan yang dibutuhkan.

Panjang maksimal dari bagian ini adalah dua atau tiga halaman.

Solusi/objektif

Photo credit: Google

Bagian solusi menjelaskan tujuan proposal yang diharapkan bisa dicapai, idealnya mencakup:

  • Tujuan yang dibagi menjadi bagian-bagian kecil
  • Strategi dan rencana untuk mencapai tujuan dan solusi seperti rencana marketing, strategi staffing, dan metode terkait.
  • Proyeksi berdasarkan asumsi volume penjualan dari segi ukuran, struktur, dan luasnya operasional di akhir periode yang ditetapkan
  • Profil target market atau pelanggan, mencakup tren dan kompetisi.
  • Deskripsi produk dan proses deskripsi untuk proses yang baru.

Kenapa proposal bisnis diperlukan?

Photo credit: Google

Bentuk proposal bisnis yang Anda buat untuk bisnis startup akan berbeda dengan bentuk proposal bisnis untuk bisnis besar. Tapi apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda perlu pastikan membuat proposal bisnis yang baik, dan dengan begitu bisa membantu dalam mengembangkan bisnis Anda.

Berikut ini beberapa alasan kenapa proposal bisnis dibutuhkan:

Membantu Anda membuat rencana dan projek yang realistis

Photo credit: Google

Ketika memulai bisnis, penting untuk bersikap realistis sejak awal, itu sebabnya menulis proposal bisnis juga penting. Banyak startup dengan ide bagus terhalang oleh pengeluaran operasional.

Menulis proposal bisnis akan membantu meriset tantangan dan risiko yang dihadapi. Lebih baik melihat skenario terburuk daripada yang terbaik. Anda perlu buat ekspektasi tambahan beberapa bulan atau tahun waktu yang dibutuhkan hingga rencana Anda bisa didanai sendiri.

Baca juga  Mengirim Email Di Waktu Yang Tepat Dalam Email Marketing

Membantu mengamankan pendanaan

Photo credit: Google

Meningkatkan modal adalah langkah penting pertama untuk tiap jenis bisnis, tapi bila bisnis Anda lebih kecil ukurannya, proposal bisnis kemungkinan punya peran lebih besar dalam membantu Anda menarik investor atau mendapat pendanaan.

Menulis proposal bisnis yang telah diriset dengan baik akan membantu Anda menunjukkan ke investor prospektif bagaimana menginvestasikan di bisnis Anda bisa memberi manfaat untuk mereka, apa yang membuat konsep ide Anda unik dan kenapa orang ingin membeli dari Anda.

Singkatnya, proposal bisnis yang efektif akan menunjukkan ke investor kalau Anda kompeten, punya konsep bisnis yang kuat, dan bisa menghasilkan cash flow yang dibutuhkan untuk membuat semua berjalan lancar.

Memberi arahan dan struktur dalam bisnis

Meski Anda mungkin sudah punya ide kemana Anda ingin membawa bisnis Anda, menuliskannya di atas kertas akan memberi Anda struktur yang dibutuhkan untuk terus bergerak ke arah yang tepat.

Penelitian mengindikasikan kalau alasan paling umum pebisnis gagal di tahun kedua, ketiga, atau keempat adalah rencana bisnis yang tidak fleksibel dan manajemen keuangan yang buruk.

Menulis proposal bisnis akan membantu Anda membuat keputusan penting tentang berbagai hal seperti cash flow, marketing, dan lainnya. Punya tujuan dan objektif yang jelas juga memungkinkan Anda memonitor performa bisnis dan membuat penyesuaian ketika Anda bergerak maju.

Membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda

Photo credit: Google

Ketika memulai bisnis, penting untuk fokus tidak hanya pada kekuatan Anda, tapi juga pada kelemahan yang Anda punya, karena sering kali apa yang Anda tidak tahu atau tidak pertimbangkan bisa merusak rencana yang telah dibuat.

Di sinilah proposal bisnis bisa membantu, karena mendorong Anda untuk melihat hal secara objektif, menjalankan analisa SWOT, dan bahkan mempertimbangkan masalah yang ada di luar kontrol Anda.

Baca juga  Menggunakan Kode Referal Dalam Email Marketing (Studi Kasus)

Memberi pemahaman yang sama pada semua orang

Photo credit: Google

Memiliki proposal bisnis akan membantu tiap orang mulai dari manajemen atas hingga pegawai bawah memahami strategi dan tujuan bisnis, yang penting untuk bisnis besar yang bisa punya banyak lokasi di beberapa wilayah.

Selain itu, di hari-hari awal bisnis Anda, kemungkinan akan ada variasi ide tentang bagaimana bisnis harus dijalankan atau tujuan yang seharusnya dicapai, jadi jika semua dengan jelas tercantum pada proposal bisnis bisa membantu mencegah salah paham.

Yang harus dihindari dalam proposal bisnis

Photo credit: Google

Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari dalam penulisan proposal bisnis:

  • Menunda membuat outline proposal hingga tidak ada waktu yang cukup untuk membuat proposal bisnis yang berkualitas.
  • Jangan terjebak berpikir kalau perusahaan Anda adalah jawaban dari doa pelanggan. Tiap orang berpikir seperti ini, tapi rasa percaya diri Anda tidak berarti apa-apa kecuali didukung oleh referensi, data performa, dan fakta.
  • Bila ingin menunjukkan keunggulan Anda, tuliskan dalam kata-kata dan statistik.
  • Jangan menulis novel, gunakan bahasa yang mudah dipahami, hindari kalimat dan paragraf yang terlalu panjang.

Bila Anda ingin memulai bisnis tapi tidak yakin dimana atau bagaimana memulainya, mengikuti kursus bisnis bisa membantu Anda memulai dari mengidentifikasi pelanggan hingga menciptakan strategi marketing yang efektif, dan perlahan, mengubah ide menjadi bisnis yang sukses.

Tinggalkan komentar