Tahukah Anda Perusahaan Startup Email Pertama di Dunia?

Startup email pertama

Kita biasa mendengar perusahaan startup (rintisan) yang fokus di aplikasi seluler, aplikasi web, SaaS atau bahkan produk fisik seperti distro dan lain sebagainya.

Tapi ada startup yang cukup unik menurut saya di dunia ini yang pertama kali mengawali debutnya HANYA fokus pada email.

Ya…mereka perusahaan startup yang pendekatan dan operasional bisnisnya hanya melalui email saja saat pertama kali berdiri meskipun saat ini sudah memiliki website.

Siapakah perusahaan startup ini?

Adalah ProductHunt yang didirikan oleh Ryan Hoover.

Pada saat memulai debutnya, mereka memiliki beberapa alasan kuat yang menyebabkan mereka fokus pada email marketing:

  • Validasi ide dengan cepat. Umumnya lebih cepat untuk membangun produk email daripada situs web lengkap atau aplikasi seluler. Semakin cepat Anda bisa menyampaikan produk ke tangan pelanggan, semakin cepat Anda bisa mempelajari apa manfaat yang bisa Anda suguhkan untuk mereka.
  •  Anda bisa mengotomatisasi pengiriman. Ini terkesan aneh memang, tapi memang dengan email, Anda bisa menggunakan fungsi otomatisasi dengan menggunakan layanan autoresponder. Bahkan otomatisasi yang lebih canggih lagi.
  • Email memiliki kesan personal dan eksklusif. Kalau yang satu ini sudah hal lumrah karena email memiliki sensasi yang personal dan eksklusif.
  • Mengandalkan kebiasaan orang. Kita selalu cek email setiap hari apalagi kalau pekerjaan kita sangat mengandalkan email. Jika dilakukan dengan benar, maka produk yang mengandalkan email akan terbantu dengan kebiasaan ini
  • Fleksibel digunakan dimanapun. Email tidak mengenal diskriminasi terhadap alat komunikasi yang digunakan. Mau dibuka melalui komputer, laptop atau smartphone bisa semuanya selama ada koneksi internet.
  • Hampir seluruh pengguna internet memiliki email. Ini juga tidak dipungkiri lagi bahwa orang yang pekerjaannya berkaitan dengan internet maupun yang jarang internetan tentu memiliki email. Apalagi saat ini penetrasi smartphone yang membutuhkan email saat pertama kali digunakan semakin besar.
Baca juga  Personalisasi Email Anda Dengan Konten Dinamis

Itulah alasan yang digunakan ProductHunt memulai debutnya melalui email marketing

Hal yang sama juga dilakukan oleh: Timehop, IDoneThis, Thrillist, AngelList dan Sunrise.

Perusahaan startup diatas tersebut kini telah berekspansi ke website dan aplikasi mobile namun email adalah tempat pertama kali mereka lahir dan berhasil melejitkan bisnis mereka dengan investasi yang minimalis.

Tinggalkan komentar