4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya

Penyakit kulit bisa muncul karena berbagai faktor. Kebanyakan masalah kulit tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu. Penyakit kulit yang mengancam nyawa jarang terjadi, tapi bila Anda mengalaminya, segera cari bantuan medis.

Berikut ini 4 penyakit kulit yang paling berbahaya:

Shingles atau herpes zoster

4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya
Photo credit: unifiedwater.com

Shingles merupakan penyakit kulit yang biasanya terjadi pada anak-anak, tapi orang dewasa serta mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah juga bisa terkena penyakit ini. Shingles menyebabkan rasa sakit, ruam, demam, dan sakit kepala. Shingles merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh virus cacar.

Meski tidak ada obat utama untuk mengobati shingles, ada beberapa pilihan penanganan. Obat antidepresan untuk rasa sakit dan  obat antivirus bisa menurunkan rasa sakit serta durasi penyakit. Antibiotik yang digunakan langsung pada kulit bisa menurunkan infeksi pada bentol di kulit.

Penyakit kulit lichen planus

4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya
Photo credit: remediesforme.com

Lichen planus adalah kondisi kulit yang mengalami peradangan dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel kulit dan membran mukosa. Lichen planus muncul berupa benjolan berwarna gelap dan terasa gatal pada kulit.

Kadang, penyakit kulit ini mempengaruhi membran mukosa di mulut dan membentuk luka berwarna putih yang terasa sakit. Lichen planus tidak menular dan biasanya hilang dengan sendirinya.

Penyakit kulit ini umumnya terjadi pada orang dewasa dengan usia lebih dari 20 tahun. Penanganan yang umum berupa krim kulit, seperti corticosteroid untuk mengurangi peradangan, dan topical inhibitor untuk menurunkan efek sistem kekebalan. Antihistamin dan retinoid yang diminum, yang berupa suplemen vitamin A khusus juga bisa membantu mengatasi penyakit kulit ini.

Baca juga  Fakta Menarik Seputar Anatomi Tubuh Manusia

Pemphigus vulgaris

4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya
Photo credit: holisticcenteratbristolsquare.com

Pemphigus vulgaris atau PV, adalah gangguan autoimun yang menyebabkan rasa sakit dan bentol di kulit. Pemphigus vulgaris terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menciptakan antibodi untuk menghentikan pertumbuhan protein yang sehat di kulit dan membran mukosa. Sebagai akibatnya, antibodi ini memecah ikatan sel dan cairan terkumpul diantara lapisan kulit dan membentuk erosi kulit.

Penyakit kulit ini umumnya terjadi pada orang dewasa dengan usia lebih dari 40 tahun. Penanganannya bisa berupa pil antibiotik dan obat anti jamur untuk mengontrol atau mencegah infeksi potensial, yang bila terjadi bisa berakibat fatal.

Baca artikel lainnya tentang fakta unik burung lovebird yang perlu Anda tahu.

Kanker kulit

4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya
Photo credit: psoriasis.qualitycarebyleo.co.uk

Ada banyak jenis sel kanker kulit.  Bell cell carcinoma (BCC) melibatkan pertumbuhan lambat tumor ganas kulit yang berkembang dari folikel rambut. Tumor ini menyusup di sekitar jaringan dan secara invasif menghancurkan area yang rentan seperti kulit yang secara kronis terpapar sinar matahari.

Area leher dan kepala yang terpapar sinar matahari berisiko lebih tinggi, dimana lesi kecil berwarna putih kemungkinan muncul.

Squamous cell carcinoma (SCC) adalah kanker yang disebabkan oleh terlalu banyak paparan sinar ultraviolet atau oleh penggunaan sunbed yang berlebihan. Secara teknis SCC disebabkan oleh pertumbuhan tidak terkontrol sel skuamosa yang abnormal dan secara medis ditangani melalui pembedahan di rumah sakit atau klinik.

Pastikan Anda menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, gunakan pembersih kulit yang ringan. Segera konsultasikan ke ahli kulit untuk mengatasi masalah kulit yang Anda alami.

Cara alami mengobati penyakit kulit karena infeksi

4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya
Photo credit: cdn.shopify.com

Infeksi kulit jadi keluhan kesehatan paling umum dan memang cukup menyebalkan.

Bergantung jenis infeksinya, infeksi dikategorikan sebagai infeksi bakteri, jamur, virus atau parasit. Infeksi kulit karena bakteri dan jamur jadi yang paling umum.

Baca juga  Anak Sembelit: Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya

Infeksi kulit karena bakteri mencakup masalah kulit seperti folikulitis, furunkel, selulit, ecthyma, impetigo, staphylococcal scalded skin syndrome (SSSS), dan penyakit lainnya.

Infeksi kulit karena jamur mencakup kondisi seperti kandisiasis, athlete’s foot, infeksi kuku, ringworm, tinea versicolor, dan sebagainya. Sedangkan infeksi kulit yang disebabkan oleh virus termasuk shingles, kutil, dan lainnya.

Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi penyakit kulit:

  • Gunakan daun mimba halus dan tambahkan air hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini pada area kulit yang terkena penyakit sebagai obat herbal paling efektif untuk infeksi kulit. Penggunaan ekstrak daun basil juga sama efektifnya untuk obat rumahan infeksi kulit.
  • Gunakan minyak tea tree pada area kulit sebagai obat penyakit kulit yang telah terbukti. Minyak tea tree bisa mengatasi infeksi kulit karena memiliki kandungan antiseptik dan anti jamur.
  • Bawang putih dan bawang merah. Karena memiliki kandungan anti bakteri, baik bawang putih maupun bawang merah keduanya menjadi obat alami yang bagus untuk penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Gunakan keduanya pada area kulit yang bermasalah untuk mengatasi infeksi secara alami.
  • Konsumsi satu gelas susu hangat yang dicampur oleh satu sendok teh bubuk kunyit bisa jadi obat efektif untuk penyakit kulit, khususnya infeksi yang menyebabkan peradangan.
  • Beberapa jenis kompres seperti kompres hangat, kompres teh, kompres sayuran dan sebagainya bisa jadi obat mujarab untuk penyakit kulit. Kompres sayuran bisa disiapkan dengan menggunakan tomat, kentang, daun kol, bawang putih halus, serta sayuran lain.
  • Yoghurt dan cuka apel populer untuk mengatasi infeksi kulit. Cukup gunakan keduanya pada area kulit untuk mengatasi infeksi.
  • Siapkan campuran satu sendok teh air dan satu sendok teh perasan jeruk. Gunakan campuran ini untuk meredakan gatal yang disebabkan oleh penyakit kulit.
  • Ambil ekstrak dari 500 gram daun kelor. Tambahkan minyak biji wijen dalam jumlah yang sama dan didihkan hingga airnya kering. Dinginkan dan setiap hari gunakan untuk mengatasi masalah kulit. Penggunaan ekstrak daun aprikot juga bisa jadi obat alami dan mudah untuk penyakit kulit.
Baca juga  Fakta Menarik Seputar Anatomi Tubuh Manusia

Pola makan untuk bantu atasi penyakit kulit

4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya
Photo credit: cpb-us-w2.wpmucdn.com

Pola makan ketika mengalami penyakit kulit harus fokus pada makanan bernutrisi yang mengandung variasi vitamin dan mineral. Makanan organik yang kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan zinc sangat direkomendasikan untuk tujuan ini.

Selain itu, konsumsi bawang putih dan yoghurt secara teratur bisa melawan infeksi dari dalam. Jangan lupa minum sekitar 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari di interval yang teratur. Sebisa mungkin hindari makanan yang tidak bernutrisi dan berlemak.

Tinggalkan komentar