Pengertian Integrasi Sistem dan Kenapa Integrasi Sistem Dianggap Penting

Pengertian integrasi sistem adalah proses integrasi semua komponen baik fisik dan virtual dari sebuah sistem organisasi. Komponen fisik dapat terdiri dari berbagai sistem mesin, hardware komputer, dan sebagainya.

Sedangkan komponen virtual terdiri dari data yang tersimpan di database, software, dan aplikasi. Proses mengintegrasikan semua komponen ini, agar bisa berfungsi sebagai sistem tunggal, adalah tujuan utama dari integrasi sistem.

Apa saja manfaat dari integrasi sistem?

Photo credit: Google

Di era saat ini, ketika banyak perusahaan ingin tetap jadi yang terdepan dalam persaingan, mereka membutuhkan sistem yang bekerja secara sinkron. Sistem yang tidak terintegrasi menyebabkan peningkatan biaya dan konsumsi sumber daya.

Menjelaskan pengertian integrasi sistem dalam dunia industri menjadi langkah awal dalam menjelaskan pentingnya integrasi sistem itu sendiri. Integrator sistem industri biasanya merupakan kesatuan yang menggunakan aktivitas manajemen teknik dan projek untuk menyatukan hardware dan software dari berbagai supplier menjadi solusi bagi klien end user.

Teknik integrasi sistem biasanya menyertakan desain listrik, mesin, program, tes, dan support. Integrator sistem bisa perusahaan atau unit bisnis. Yang jadi kesamaan adalah mereka menyediakan kontrol, otomatisasi, dan solusi informasi untuk pabrik dan proses industri.

Menghemat biaya

Photo credit: Google

Dengan menggunakan integrator sistem, klien industri menghemat biaya perekrutan, evaluasi personil, dan seterusnya. Selain itu, sulit untuk melakukan perubahan dengan sistem yang tidak terintegrasi, juga sulit untuk memilih orang yang tepat, dan salah merekrut adalah kesalahan yang fatal.

Baca juga  Fungsi Percakapan Pribadi Dalam Email Marketing (Studi Kasus)

Tapi sebaiknya ada staf internal untuk mengatur projek. Ukuran staf bergantung projek yang dikerjakan.

Meningkatkan kualitas integrasi projek

Photo credit: Google

Tidak ada satu orang atau sebuah perusahaan yang tahu semuanya. Integrator sistem bisa menemukan mekanisme, proses, dan masalah intelegensi bisnis dan tahu bagaimana mengintegrasikan disiplin ini di sistem kerja. Itu kenapa industri ini disebut integrasi sistem, karena terintegrasi.

Kesalahan umum pada manufaktur dan proses industri adalah manager menunggu untuk mengontrak integrator sistem, mengira mereka tidak punya banyak hal yang bisa dilakukan.  Sebaiknya integrator sistem dilibatkan di tahap awal perencanaan agar mereka bisa berkontribusi dalam hal pengetahuan dan keahlian dan menghemat biaya serta meningkatkan hasil.

Akuntabilitas waktu dan sumber daya

Photo credit: Google

Integrator sistem harus tetap sesuai anggaran untuk menjaga keberlangsungan sebuah bisnis. Meski kontraknya tetap atau bervariasi, biaya, dan material harus diatur berdasarkan rencana.  Singkatnya, integrasi sistem akuntabel untuk waktu dan sumber daya.

Pada kontrak biasanya tercantum definisi layanan dan produk terkait dengan struktur biayanya. Integrator sistem, untuk tujuan internal dan untuk relasi klien, harus menghormati kesepakatan ini.

Menerapkan inovasi dan pengalaman dari berbagai industri

Photo credit: Google

Kebanyakan integrasi sistem berhasil dalam berbagai industri. Contohnya pada produksi makanan dan minuman. Integrator bisa memperoleh pengalaman dalam penerapan proses integrasi, serta penanganan material dan kemasan di produksi krim tangan. Lalu di projek lain berkaitan dengan produksi sirup coklat, efisiensi produksi  dan peningkatan kualitas pada produksi krim tangan bisa diterapkan pada produksi sirup coklat.

Menangani industri berbeda memungkinkan memperoleh pengetahuan luas yang  tidak bisa dipelajari dalam pertunjukan, melalui training, atau melalui majalah. Semua ini berasal dari penanganan projek. Integrator sistem belajar mengenali kapan pengalaman yang didapat id satu aplikasi dan industri bisa diterapkan pada yang lain. Kapasitas ini memungkinkan integrasi sistem membawa solusi inovatif untuk mengatasi tantangan yang dimiliki end user.

Baca juga  Tahukah Anda Perusahaan Startup Email Pertama di Dunia?

Punya skill yang tepat untuk manajemen dan eksekusi projek

Skill manajemen dan eksekusi projek sangat penting. Integrasi sistem yang baik punya keduanya.

Tahu bagaimana mengatasi risiko

Photo credit: Google

Risiko adalah musuh paling jelas dari integrator sistem, jadi perlu diperhatikan secara serius. Mengenali risiko projek menjadi pengalaman dan proses yang alami.

Manajemen risiko dimulai di tahap perencanaan projek, dan menekankan sekali lagi apa yang telah disebutkan di alasan kedua, yakni pentingnya integrator sistem terlibat di tahap awal produk.

Manajemen risiko yang baik adalah yang paling menarik bagi klien end user meski pembahasan antara klien dan integrator bisa tidak nyaman.

Menyiapkan dokumen yang tepat untuk referensi di masa mendatang

Photo credit: Google

Wajar bagi staf internal untuk berpindah ke projek selanjutnya dan tidak dengan baik menyediakan gambar, kode software, dan manual operasi. Staf mungkin punya niat bagus melakukan dokumentasi tapi tidak pernah terealisasi.

Karena dokumentasi final biasanya dimiliki integrator sistem, integrator bisa menyediakannya untuk klien end user. Dokumentasi yang tepat penting untuk maintenance dan support.

Informasi terpusat dan bisa diakses

Photo credit: Google

Informasi jadi bisa sepanjang waktu dilihat dan bisa diakses bagi tiap stakeholder. Kenyamanan ini akan memberi manajemen kontrol terpusat terhadap perusahaan. Selain itu, proses membuat keputusan menjadi terfasilitasi karena tidak mungkin memodifikasi informasi untuk fungsi individu.

Baca artikel lainnya tentang cerita motivasi yang menginspirasi.

Manajemen IT yang mulus

Photo credit: Google

Manajemen IT support bisa disederhanakan dan dipermudah karena hanya ada satu focal point pada tiap domain. Ini menyederhanakan kerja manajemen untuk membuat sistem informasi homogen dan menurunkan biaya manajemen IT secara keseluruhan.

Menghemat penyimpanan

Photo credit: Google

Memiliki semua data di satu lokasi terpusat akan menurunkan biaya terkait instalasi dan maintenance berbagai sistem. Anda juga akan menurunkan biaya dan waktu yang dihabiskan untuk troubleshooting. Beberapa bisnis mendapat manfaat dari biaya lisensi yang juga menurun.

Baca juga  Memanfaatkan Efek Zeigarnik Dalam Email Marketing

Memiliki semua informasi di satu lokasi akan menghemat ruang penyimpanan komputer dan juga biayanya. Selain itu, informasi yang terkumpul lebih mudah diakses, yang mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik.

Analisa yang lebih baik

Photo credit: Google

Sebelumnya Anda mungkin menganalisa semua data di tempat berbeda dan mengambil langkah yang dibutuhkan untuk membuat data. Biasanya ini melibatkan proses download dari tiap sistem berbeda dan mengekpornya ke tool berbeda.

Ini bisa jadi tugas yang memakan waktu. Integrasi sistem akan memberi akses lebih cepat ke data, memastikan seluruh prosesnya lebih sederhana dan lebih mudah diatur.

Anda tidak perlu lagi mengandalkan tool eksternal untuk menganalisa data. Anda bisa melihat data, statistik, atau hal lain yang Anda analisa di satu tool. Dengan begitu pengguna bisa dengan mudah melihat polanya, dibandingkan kesulitan sebelumnya ketika mengurus banyak tool dan datasheet. Ini akan membantu Anda membuat perbandingan dan melihat trend, serta ada lebih banyak waktu untuk melakukan tugas lain.

Tinggalkan komentar