Mengedit Video Untuk Pemula, Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan?

Mengedit video jadi lebih mudah bagi videografer amatir berkat adanya software gratis dan informasi yang dibagikan di website. Meski sulit belajar tentang cara mengedit video tanpa latihan profesional, tetap memungkinkan untuk mengedit apa saja mulai dari acara liburan keluarga hingga event lainnya.

Anda bisa temukan panduan yang akan mengajarkan cara mengedit video meski Anda belum pernah menyentuh software untuk mengedit sebelumnya.

Sebelum mengedit video

mengedit video
Photo credit: Google

Sebelum Anda masuk ke proses editing video, Anda perlu lakukan beberapa riset. Berikut ini beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan:

Video apa yang akan Anda edit?

mengedit video
Photo credit: Google

Apakah Anda membuat vlog di YouTube, film pendek, film dokumenter, atau lainnya? Semua genre video berbeda ini membutuhkan pendekatan editing video yang berbeda. Menciptakan film yang artistik bisa butuh alat yang lebih rumit, sedang menciptakan video untuk vlog atau tutorial bisa dilakukan dengan beberapa software sederhana.

Kemampuan software seperti apa yang ingin Anda miliki?

Apakah Anda ingin menggunakan model editing drag and drop atau Anda ingin efek visual yang lebih kompleks dan kreatif? Ini masih terkait dengan pertanyaan pertama, karena tingkat kerumitan pada software yang Anda akan gunakan bergantung pada jenis video yang Anda edit.

Baca juga  Strategi Kemenangan Kecil Dalam Email Marketing (Studi Kasus)

Apakah komputer saya bisa mengedit video?

mengedit video
Photo credit: Google

Bila tidak, lakukan upgrade yang dibutuhkan. Spesifikasi komputer bisa rumit. Berikut beberapa informasi untuk membantu menjawab pertanyaan ini sebelum Anda mulai mengedit video.

Spesifikasi komputer

Ada banyak spesifikasi yang perlu Anda cari untuk editing video dari komputer. Ini termasuk memori, processor, kapasitas penyimpanan, kartu grafis, dan sebagainya. Memiliki lebih dari 8GB RAM atau memori, penting bagi komputer Anda.

Kebanyakan komputer punya maksimal 32GB RAM, jadi alangkah baiknya untuk punya memori semakin banyak. Anda juga perlu punya processor yang baik. Yang terbaik di pasaran adalah Intel Core series serta AMD FX series, tapi Anda bisa gunakan processor apa saja dengan kecepatan 2.6 gigahertz (gHz).

Terakhir, Anda perlu pastikan Anda punya banyak kapasitas penyimpanan untuk menampung software dan video yang Anda kerjakan. Anda perlu punya komputer dengan penyimpanan lebih dari 1TB, tapi bila tidak, setidaknya ada kapasitas untuk 500GB.

Bila Anda menggunakan PC, kebanyakan spesifikasi ini mirip dengan PC untuk game. Bila Anda menggunakan Mac, Anda akan senang mengetahui kebanyakan komputer Mac jadi pilihan tepat untuk mengedit video. Misalnya Mac Pro 2017, meski mahal, jadi pilihan kelas atas untuk komputer editing video.

Memilih software untuk mengedit video

Internet memiliki banyak pilihan software untuk mengedit video. Setelah komputer siap untuk video editing, Anda perlu pastikan software mana yang paling baik untuk tujuan Anda.

Baik untuk Mac maupun PC, berikut ini beberapa pilihannya:

Windows Movie Maker (PC)

mengedit video
Photo credit: Google

Movie  Maker merupakan software paling mudah yang digunakan untuk mengedit video. Movie Maker dirancang dengan spesifik untuk memudahkan video editing bagi pemula. Beberapa versi yang  lebih lama dilengkapi dengan software pre-loaded, tapi Anda bisa juga men-download-nya secara gratis di websitenya.

Baca juga  Apa Itu Email Marketing?

iMovie (Mac)

iMovie jadi pilihan tepat untuk pengguna Mac bila mencari software gratis. iMovie sedikit lebih kompleks dibanding Movie Maker karena membuat pengguna menambahkan teks dan efek animasi, tapi karena mudah digunakan, sehingga ideal untuk pemula.

Final Cut Pro X (Mac)

mengedit video
Photo credit: Google

Final Cut Pro X merupakan software tingkat profesional, tapi trial gratis untuk pengguna Mac jadi cara tepat untuk bisa merasakan pengalaman mengedit secara profesional tanpa membuat Anda menggunakan interface yang rumit atau feature yang terlalu banyak.

AVID Media Composer (Mac dan PC)

Seperti Final Cut Pro X, AVID Media Composer adalah software profesional yang menawarkan trial gratis. Trial ini sedikit lebih rumit dari Final X trial, kebanyakan karen AVID sendiri adalah program yang rumit tapi dengan trial gratisnya,  Anda bisa mencobanya bila serius di bidang video editing.

Adobe Premiere Pro (Mac atau PC)

Adobe Premiere Pro juga merupakan software profesional yang menawarkan trial gratis. Software ini berada di tengah antara rumitnya AVID dan kemudahan Final Cut Pro C dan relatif simpel digunakan setelah Anda terbiasa dengan interface-nya.

Bila Anda memilih membeli Premiere ketika trial berakhir, harganya cukup terjangkau.

Lightworks Free (Mac atau PC)

 

mengedit video
Photo credit: Google

Lightwork Free merupakan pilihan level atas untuk Mac dan PC. Lightworks Free merupakan software yang paling mirip dengan software video editing profesional meski simpel dan mudah digunakan dibanding software editing gratis lainnya.

Lightwork Free memiliki semua feature yang dimiliki kompetitor.

Kesalahan umum yang sering dilakukan editor pemula

Dengan belajar dari kesalahan editor lain, Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga, berikut ini beberapa diantaranya:

Mengedit video tanpa perencanaan

mengedit video
Photo credit: Google

Bekerja tanpa perencanaan bisa membuat Anda mengedit berlebihan. Dan terlalu banyak editan akan membuat video tidak alami.

Baca juga  Mengenal Alat Musik Tradisional Dari Berbagai Belahan Dunia

Editor video profesional selalu merencanakan pekerjaannya lebih dulu. Jadi bila Anda ingin mengedit video seperti profesional, lebih baik buat perencanaan dari awal.

Anda perlu membuat daftar pertanyaan seperti, bagaimana perubahan efek yang dilihat audiens? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengedit? Apakah Anda perlu menyertakan musik background, caption atau hal lain ke video?

Ingat, perencanaan yang berantakan membuat Anda buang waktu dan usaha, jadi buat perencanan sesimpel mungkin.

Baca artikel lainnya tentang cara membuat software untuk aplikasi.

Memilih software editing video yang salah

mengedit video
Photo credit: Google

Software video editing yang tepat menjadi senjata Anda, tapi sulit menemukan yang tepat. Dengan begitu banyak pilihan yang ada, Anda bisa terkecoh oleh feature yang unik yang kemudian Anda sadari ternyata Anda jarang menggunakannya. Akan buang waktu dan uang bila Anda membeli sesuatu yang tidak memenuhi kebutuhan atau tidak Anda sukai.

Jangan tergesa menginstal Adobe Premiere atau Final Cut Pro kecuali Anda punya pemahaman cukup tentang mengedit video.

Memilih musik background yang tidak tepat

Mengedit video
Photo credit: Google

Banyak orang tidak menyadari pentingnya musik background pada video. Mereka cenderung memilih musik yang disukai dibanding pesan yang ingin disampaikan. Mereka juga tidak peduli emosi seperti apa yang audiens ingin rasakan ketika menonton video.

Selain itu, menentukan tingkat volume yang salah untuk musik background sudah jadi kesalahan yang umum. Musik yang terlalu keras membuat audiens tidak bisa mendengar narasi video.

Tinggalkan komentar