Make-up Natural, Ada Dos dan Don’ts Yang Perlu Anda Tahu

Bila Anda ingin terlihat cantik tanpa terlihat berlebihan, make-up natural jadi pilihan yang sangat tepat. Garis make-up yang ringan menjadi tren yang cukup populer saat ini baik untuk kalangan selebritis hingga orang biasa.

Make-up natural menggunakan warna yang paling dekat dengan warna kulit dan diaplikasikan dengan cara yang samar.

Gaya make-up natural bisa juga disebut “nude.” Tapi sebagian orang beranggapan kalau make-up nude lebih tepat untuk konteks mereka yang tidak menggunakan make-up.

Istilah “nude” berasal dari dunia fashion. Pada dunia makeup, istilah ini muncul dengan intensitas tinggi pada dekade pertama dan kedua abad 21.

Seiring dengan perkembangan teknologi di industri kosmetik, tren nude muncul sebagai selebrasi bagi kulit. Makeup nude diterjemahkan menjadi aplikasi produk serta penggunaan warna yang samar.

Produk makeup untuk makeup natural

Make-up Natural, Ada Dos dan Don’ts Yang Perlu Anda Tahu
Photo credit: theskincareedit.com

Tiap wanita ingin terbangun di pagi hari dengan kulit yang berkilau, pipi merona, dan bibir yang merekah. Jadi setiap pagi, wanita melakukan rutinitas kecantikan untuk menampilkan tampilan yang alami.

Banyak orang ingin tampilan seperti tidak mengenakan makeup, untuk itu ada beberapa produk kecantikan dasar yang sangat Anda butuhkan.

Apapun jenis kulit Anda, ada beberapa produk yang wajib Anda miliki untuk bisa tampil dengan make-up natural, yaitu:

  • Foundation yang ringan untuk menutup kulit secara merata
  • Concealer dengan satu tingkat lebih ringan dari foundation untuk mencerahkan dan memberi kesan segar
  • Matte bronzer
  • Highlighting eyeshadow
  • Eyeliner warna alami
  • Maskara yang ringan
  • Lipstik warna ringan untuk tampilan merona
  • Beberapa sikat kosmetik.
Baca juga  Berbelanja di Grosir Baju Muslim Pasti Lebih Untung

Dos dan don’ts untuk make-up alami

Photo credit: fashiotopia.com

Mulai dari memilih foundation yang salah hingga lupa memakai pelembab, Anda perlu tahu apa saja dos dan don’ts dalam menggunakan make-up natural.

Berikut ini daftar dos untuk make-up natural:

Perbanyak istirahat

Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Tampilan alami yang bagus berawal dari kulit yang sehat, jadi rawat dulu diri Anda sendiri. Ini juga berarti makan yang benar dan minum banyak air putih. Kita terlahir dengan kondisi yang harus kita terima, tapi hidup sehat akan membuat Anda terlihat lebih baik.

Persiapkan wajah

Untuk memperoleh wajah yang mulus, rutinitas mempersiapkan kulit harus dimulai di malam sebelumnya. Pastikan Anda menggunakan krim atau serum malam yang tepat. Setelah membersihkan wajah di pagi hari, jangan sampai lupa menggunakan moisturiser ringan sebelum memakai foundation. Bila kulit dirawat, penggunaan make-up akan jadi lebih mudah, dan hasilnya terlihat lebih natural.

Foundation diikuti bedak tabur

make-up natural
Photo credit: pixfeeds.com

Untuk tampilan di malam hari, Anda butuh bedak tabur yang berat. Tapi ada banyak bedak tabur yang ringan yang bisa digunakan untuk tampilan di siang hari. Setelah menggunakan foundation, cukup sapukan bedak. Melakukan ini membantu foundation bertahan, sekaligus mempertahankan tampilan Anda dan akan jadi lebih mudah untuk proses contouring atau penggunaan blusher.

Bersihkan sikat kosmetik

Photo credit: cdn.shopify.com

Penting untuk menjaga kebersihan alat-alat kecantikan Anda. Sebaiknya bersihkan benda-benda ini sekali dalam seminggu. Karena sikat kontak dengan wajah, dan lalu masuk ke kantong kosmetik atau wadah make up lain, benda ini bisa jadi sarang bakteri.

Baca artikel lainnya tentang tips memilih warna cat rumah.

Menggunakan sikat make-up yang tidak dibersihkan untuk waktu lama bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori, infeksi, atau kerutan yang terlihat. Membersihkan sikat make-up tidak hanya menyelamatkan kulit Anda tapi juga untuk sikat sendiri karena akan lebih awet dan bisa dipakai untuk waktu lebih lama.

Baca juga  Pengertian Komunikasi dan Cara Efektif Berkomunikasi

Gunakan cermin pembesar

Ini jadi rahasia yang diterapkan para makeup artist dan profesional di bidang kecantikan. Untuk memastikan makeup merata, eyeliner cukup tajam, dan lipstik terpoles cantik, gunakan cermin pembesar. Meski sebagian orang memilih cermin yang bisa memperbesar objek hingga 10 kali, pilihan yang standar yang memperbesar benda hingga 5 kali sudah cukup. Terutama untuk di pagi hari sebelum Anda menuju tempat beraktivitas.

Cara untuk meng-countour

Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Anda terobsesi teknik countouring yang Anda lihat di berbagai video? Anda tidak sendirian. Anda bisa gunakan matte bronze dan sapukan di bawah pipi, lalu dari atas telinga ke depan, tapi jangan menyentuh sudut bibir.

Samarkan blush on

Kita semua menyukai pipi yang merona tapi bla Anda ingin tampilan yang natural, kuncinya adalah menyamarkannya.

Gunakan blush on Anda seperti biasa tapi lalu gunakan sikat foundation. Ini membantu mengurangi tampilan bold hingga menjadi lebih lembut.

Gunakan eyeliner ringan

Photo credit: i.ytimg.com

Tips tepat untuk memperjelas bagian mata tanpa tampilan dramatis dari eyeliner adalah dengan menggunakan pensil eyeliner warna hitam atau coklat pada atas dan bawah mata. Setelah menggunakannya, tutup mata kuat-kuat. Ini akan mendorong pigmen ke akar bulu mata, sehingga memperdalam penampilan alami Anda.

Lalu gunakan cotton bud dan bersihkan eyeliner dari garis mata, sehingga hanya tersisa pigmen pada akar bulu mata. Dengan cara ini bulu mata Anda akan jelas terlihat tanpa menunjukkan garis mata yang nyata.

Berikut ini daftar dont’s untuk make-up natural:

Jangan menggunakan foundation yang salah

Photo credit: previews.123rf.com/

Menggunakan foundation yang salah akan membuat kulit terlihat tidak rata dan akan berbenturan dengan warna alami leher, bahu, dan tangan. Dan ini tentu tidak akan terlihat bagus. Pastikan Anda memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit.

Baca juga  9 Tips Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

Jangan tinggalkan moisturiser

Bila Anda terbiasa mencuci wajah dengan air panas atau hangat, Anda akan merasakan sensasi kencang atau tertarik pada kulit bila Anda tidak menggunakan moisturiser. Bila Anda menggunakan foundation langsung ke kulit kering, kulit bisa mulai mengelupas dan sapuan warna jadi tidak merata.

Begitu pula bila Anda tidak gunakan moisturiser yang dirancang khusus untuk kulit berminyak, mengkilap yang tidak diharapkan muncul lebih cepat dan makeup tidak bertahan lama. Jadi, jangan sampai lewatkan penggunaan moisturiser di pagi hari.

Malas membersihkan makeup sebelum tidur

make-up natural
Photo credit: noiseware.in

Tidak membersihkan makeup sebelum tidur kemungkinan akan menyebabkan jerawat atau beruntusan bila Anda memiliki kulit yang sensitif karena kandungan bahan kimia di dalam kosmetik.

Bila Anda melakukan kebiasan buruk ini secara konsisten, akan menyebabkan penuaan kulit dan memicu lebih banyak keriput.

Ini karena makeup terjebak di pori-pori kulit dan menyebabkan reaksi yang mencegah kulit memperbaiki diri ketika Anda tidur. Akibatnya muncul garis halus. Betapapun lelahnya Anda setelah seharian beraktivitas, tetap bersihkan wajah sebelum tidur.

Hanya butuh waktu 5 menit untuk menghapus makeup demi menyingkirkan kotoran yang berkumpul di makeup Anda.

Jangan berlebihan menggunakan bronzer untuk make-up natural

Make-up Natural, Ada Dos dan Don’ts Yang Perlu Anda Tahu
Photo credit: imabeautygeek.com

Bronzer bisa membantu Anda memperoleh tampilan berkilau tanpa risiko kanker kulit. Tapi penggunaan yang berlebihan hingga wajah Anda berwarna orange, malah membuat Anda terlihat seperti baru saja dicium matahari.

Gunakan bronzer ringan saja pada area wajah yang lebih mungkin terkena sinar matahari seperti batang hidung dan pipi.

Kebanyakan orang menggunakan bubuk bronzer pada seluruh wajah. Tapi bila Anda ingin menciptakan tampilah akhir yang lebih natural, cukup gunakan bronzer di sekitar luar wajah dan di bawah tulang pipi. Teknik ini menciptakan kesan natural pada wajah Anda.

 

 

 

Tinggalkan komentar