Mengenal Logo OSIS di Seragam Sekolah Siswa

Umumnya di seragam sekolah baik di tingkat SD, SMP, hingga SMA bisa kita jumpai logo OSIS. OSIS singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. OSIS merupakan organisasi pelajar di sekolah mulai dari tingkat SMP hingga SMA.

Organisasi OSIS dikelola oleh para siswa yang dipilih menjadi pengurus. Biasanya guru ditunjuk oleh pihak sekolah sebagai pembimbing OSIS. Organisasi OSIS beranggotakan seluruh siswa yang ada di sekolah. Tiap siswa memiliki hak untuk memilih calon yang akan duduk sebagai pengurus OSIS.

Sejarah logo OSIS

 

logo Osis
Photo credit: Google

Sebagian orang mungkin belum tahu tentang sejarah serta tokoh yang menciptakan logo OSIS. Tahukah Anda? Logo yang ada di seragam sekolah di Indonesia tersebut diciptakan oleh Idik Sulaeman Nataatmadja. Beliau menciptakan logo OSIS yang sampai sekarang digunakan pada seragam sekolah baik tingkat dasar, tingkat menengah, maupun tingkat atas.

Idik Sulaeman Nataatmadja lahir pada 20 Juli 1933 di Kuningan, Jawa Barat. Ia merupakan sarjana lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan seni rupa. Memang semasa hidupnya Idik Sulaeman Nataatmadja banyak berkecimpung di dunia pendidikan dan kepemudaan.

Tapi beliau juga pernah aktif di luar dunia pendidikan. Di tahun 1960, ia bekerja di Balai Penelitian Tekstil. Lalu beberapa tahun kemudian, di tahun 1965,  ia diangkat menjadi Kepala Biro Menteri Perindustrian.

Baca artikel lainnya tentang alat musik tradisional dari berbagai belahan dunia.

Idik Sulaeman Nataatmadja kembali ke dunia pendidikan di tahun 1967. Saat itu ia dipindahkan ke Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud), dengan menjabat sebagai Kepala Dinas Pengembangan dan Latihan. Di masa jabatannya, beliau menyempurnakan konsep pembinaan Paskibraka.

Baca juga  Mengenal Alat Musik Tradisional Dari Berbagai Belahan Dunia

Di tahun 1979, Idik Sulaeman Nataatmadja menjabat Direktur Pembinaan Kesiswaan. Ia menduduki jabatan ini hingga November 1983. Karena memiliki latar belakang pendidikan seni rupa dan pengalaman di bidang tekstil, ia menciptakan logo OSIS yang dikenal hingga sekarang.

Apa arti logo OSIS?

 

logo osis
Photo credit: Google

Logo OSIS punya makna tersendiri. Kalangan siswa, khususnya, sangat perlu mengetahui apa makna dibalik logo OSIS ini.

Berikut ini lebih rinci tentang arti logo OSIS:

Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga

Lambang ini memiliki arti generasi muda sebagai harapan bangsa. Bentuk sudut lima berarti kemurnian jiwa siswa yang berintikan Pancasila. Siswa melewati 5 jalan dengan sungguh-sungguh untuk menjadi warga negara yang baik. Kelima jalan ini digambarkan dalam bentuk 5 kelopak daun bunga yang berarti abdi, adab, ajar, aktf dan amal.

Buku terbuka

Lambang ini berarti belajar sungguh-sungguh untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Ini menjadi kontribusi siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

Kunci pas

Lambang kunci pas pada logo OSIS berarti tekad untuk bekerja keras yang akan menumbuhkan rasa percaya diri serta bebas dari bergantung pada orang lain. Sehingga siswa menjadi mandiri.

Kunci pas diibaratkan alat yang bisa digunakan untuk membuka masalah dan kunci solusi segala bentuk kesulitan.

Tangan terbuka

Lambang tangan terbuka memiliki arti kesediaan untuk menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan. Ini menunjukkan sikap mental siswa yang terpuji dan bertanggung jawab.

Perahu

Lambang perahu berarti mengarungi kehidupan menuju masa depan yang lebih baik. Ini merupakan tujuan nasional yang dicita-citakan.

Pelangi dengan warna merah putih

Lambang pelangi dengan warna merah dan putih berarti masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila yang sejahtera baik dari segi material maupun spiritual.

Baca juga  Gunakan Teknik Unboxing Pada Email Marketing Anda

17 butir padi, 8 lipatan pita, 4 kapas, dan 5 daun kapas

Lambang ini berarti 17 Agustus 1945. Ini mengandung nilai perjuangan 1945.  Nilai-nilai ini perlu dicermati oleh para siswa sebagai penerus perjuangan bangsa. Kemerdekaan yang diraih dengan perjuangan harus diisi dengan partisipasi maksimal para siswa.

Warna kuning

Warna ini merupakan warna kehormatan atau keagungan. Merupakan sebuah kehormatan bila siswa diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan jadi bermanfaat melalui organisasi.

Warna coklat

Warna ini mengandung arti kedewasaan dan sikap rela berkorban untuk tanah air.

Warna merah dan putih

Warna merah dan putih merupakan warna yang melekat pada Indonesia. Warna ini menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran.

Apa yang menjadi dasar terbentuknya organisasi OSIS?

 

Berikut ini yang menjadi landasan terbentuknya OSIS:

  • Tercantum pada Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, yaitu melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
  • Secara operasional diatur oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Garis-garis Besar Haluan Negara yang menegaskan bahwa generasi muda, termasuk di dalamnya para siswa sekolah, merupakan penerus cita-cita bangsa dan menjadi sumber daya manusia untuk pembangunan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Sekolah sebagai lingkungan pendidikan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal di atas, baik melalui proses belajar-mengajar maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Apa saja fungsi organisasi OSIS?

logo osis
Photo credit: Google

OSIS memiliki banyak fungsi, antara lain:

  • Sebagai sarana untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi siswa serta menentukan acuan program
  • Sebagai pelaksana kegiatan yang berhubungan dengan kesiswaan
  • Sebagai sarana komunikasi antar siswa
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan potensi siswa sehingga menjadi pribadi yang berguna di masa mendatang
  • Sebagai sarana untuk melatih kemampuan organisasi dan kepemimpinan
  • Untuk membina, mengembangkan, dan memberdayakan life skill.
Baca juga  Perang Paregreg Dalam Sejarah Kerajaan Majapahit

Apa saja Manfaat dari organisasi OSIS?

logo osis
Photo credit: Google

Organisasi OSIS punya banyak manfaat, antara lain:

  • Menumbuhkan nilai ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Mewujudkan serta mengembangkan nilai seni
  • Meningkatkan keterampilan, kemandirian, dan rasa percaya diri
  • Mengasah kemampuan organisasi, politik, dan leadership.

Tinggalkan komentar