4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah

Laporan keuangan adalah laporan yang berisi banyak informasi keuangan dan disiapkan dan digunakan untuk banyak tujuan. Secara umum ada 5 jenis laporan keuangan dan berisi 5 elemen. Elemen ini memiliki tujuan tersendiri dan memberi penggunanya informasi berbeda.

Tujuan laporan keuangan

4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah
Photo credit: firmgains.com

Tujuan utama dari laporan keuangan adalah memberi informasi tentang hasil operasional, posisi keuangan, dan aliran dana dari sebuah organisasi. Informasi ini digunakan oleh pembaca laporan untuk membuat keputusan berkaitan dengan alokasi sumber keuangan.

Di tingkat yang lebih rinci ada perbedaan tujuan terkait tiap laporan keuangan. Laporan laba rugi menginformasikan ke pembaca tentang kemampuan bisnis menghasilkan keuntungan. Selain itu, juga menampilkan volume penjualan, dan berbagai macam pengeluaran, bergantung bagaimana informasi pengeluaran dikumpulkan. Ketika diulas selama periode waktu tertentu, laporan laba rugi juga bisa digunakan untuk menganalisa tren pada hasil operasional sebuah perusahaan.

Tujuan dari neraca saldo adalah untuk menginformasikan ke pembaca tentang status terbaru sebuah bisnis seperti tanggal yang tertera di neraca saldo. Informasi ini digunakan untuk memprediksi likuiditas, dana, dan hutang serta menjadi dasar untuk rasio likuiditas.

Yang terakhir, tujuan dari laporan arus kas  adalah untuk menunjukkan penerimaan dan pembagian dana dengan berbagai kategori. Laporan arus kas tidak selalu cocok dengan penerimaan dan pengeluaran yang tampil pada laporan laba rugi.

Selain yang telah disebutkan di atas, seluruh bagian laporan keuangan bisa juga ditujukan untuk beberapa tujuan tambahan, antara lain:

  • Keputusan kredit. Pemberi pinjaman menggunakan seluruh informasi di laporan ini untuk menentukan apakah mereka perlu memperpanjang kredit untuk sebuah bisnis, atau membatasi jumlah kredit yang sudah diperpanjang.
  • Keputusan investasi. Investor menggunakan informasi di laporan ini untuk menentukan apakah berinvestasi dan harga yang akan diinvestasikan. Pengakuisisi menggunakan informasi ini untuk mengembangkan harga yang akan ditawarkan untuk membeli sebuah bisnis.
  • Keputusan pajak. Pemerintah bisa mematok pajak sebuah bisnis berdasarkan aset dan income dan bisa memperoleh informasi ini dari laporan ini.
Baca juga  Berbelanja di Grosir Baju Muslim Pasti Lebih Untung

Laporan keuangan juga akan membantu mempersiapkan anggaran dan membuat keputusan finansial. Menyiapkan anggaran membutuhkan pemahaman yang baik tentang gambaran kondisi keuangan di tahun-tahun sebelumnya. Ini diperoleh dengan melihat ke riwayat laporan keuangan. Digabungkan dengan perkiraan pendapatan, pengeluaran di tahun sebelumnya akan membantu menyiapkan anggaran.

Selain itu, laporan keuangan bisa ditujukan untuk individu atau segmen bisnis. Pendek kata, laporan keuangan punya banyak tujuan, bergantung pada siapa yang membacanya dan laporan keuangan mana yang digunakan.

Kesalahan umum dalam membuat laporan keuangan

4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah
Photo credit: infinitaccounting.com

Banyak orang yang melakukan kesalahan dalam membuat laporan keuangan. Berikut ini kesalahan yang paling umum:

  • Neraca keuangan. Mengelompokkan aset dan liabilitas jadi kesalahan terbesar dalam neraca keuangan. Bahkan bisa sulit bagi seorang profesional karena aset dan liabilitas masuk dalam kategori berbeda. Anda bisa saja memasukkan liabilitas jangka panjang pada kolom yang salah yang bisa meningkatkan jumlah hutang yang harus dibayar di tahun berikutnya dan berpotensi menyebabkan Anda kehilangan klien atau investor karena bisnis Anda terlihat tidak stabil.
  • Laporan laba rugi. Ini jadi kesalahan yang sering terjadi karena Anda menghitung setiap keuntungan terkecil, dan satu kesalahan kecil bisa membuat perubahan rasio keuntungan karena margin profit Anda akan lebih rendah dibandingkan yang ditunjukkan laporan keuangan.
  • Laporan arus kas. Salah mengelompokkan arus kas jadi kesalahan yang umum yang terjadi karena arus kas biasanya dibagi menjadi aktivitas operasional, aktivitas investasi, dan aktivitas keuangan. Dan Anda harus tahu yang mana masuk kategori mana. Aktivitas operasional, misalnya, diperoleh dari bisnis utama perusahaan sedang aktivitas investasi berasal dari apa yang Anda habiskan pada investasi pembelian dan penjualan bisnis Anda, dan aktivitas keuangan mencakup item spesifik untuk kreditor Anda, seperti membayar pinjaman.

Baca artikel lainnya tentang penyakit kulit paling berbahaya dan penanganannya.

Software untuk laporan keuangan

4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah
Photo credit: techdonut.co.uk

Baik untuk belajar bagaimana mempersiapkan laporan keuangan sendiri atau hanya untuk lebih baik memahami informasi yang dikomunikasikan ke investor, kreditor, dan bankir, ada banyak software tersedia untuk membantu Anda.

Baca juga  9 Tips Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

Ada baiknya untuk bisnis kecil, pemilik dan general manager memahami isi laporan ini. Berikut ini beberapa software untuk membuat laporan keuangan:

Microsoft Excel

4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah
Photo credit: ngelmu.id

Kemungkinan besar Anda sudah punya software untuk menyiapkan laporan ini tepat di ujung jari Anda. Bila Anda menggunakan Microsoft Office, Anda berarti memiliki akses ke program spreadsheet Microsoft Excel. Spreadsheet digunakan untuk mengatur data dalam kolom dan baris, khususnya data numerik seperti informasi laba dan rugi. Microsoft Excel menawarkan ratusan template untuk laporan bentuk custom, termasuk laporan keuangan.

Selain itu, ada banyak template yang bisa didownload tidak berbayar di website Microsoft. Meski Excel bisa jadi software tepat untuk menyiapkan laporan ini, pengguna harus sudah memahami dasar konsep akunting, seperti perbedaan antara aset jangka pendek dan jangka panjang, atau bagaimana menghitung depresiasi dalam laporan laba rugi dan laporan arus kas. Bila terjadi kesalahan, di Excel tidak ada mekanisme untuk mencegahnya.

NetSuite ERP

4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah
Photo credit: quicken.com

NetSuite ERP, bisa dibilang sebagai solusi manajemen finansial terbaik, merupakan solusi akunting komprehensif yang memberi fungsi terbaik baik bagi pelanggan dan vendor, serta analisa marketing.

Manfaat utama dari NetSuite adalah fitur yang membuat penggunanya tidak perlu memahami bagaimana mempersiapkan laporan keuangan.

Siapapun bisa mengakses laporan ini dari gadget maupun dekstop. Selain itu, laporan ini bisa dibuat custom. Mungkin kekurangannya ada di segi harga yang terbilang mahal untuk ukuran perusahaan dengan jumlah pegawai sedikit.

Adaptive Planning

4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah
Photo credit: bspny.com

Adaptive Planning menyediakan software manajemen untuk bisnis dan perusahaan. Software ini mencakup budgeting yang fleksibel, serta grafik yang menarik serta observasi analisa yang intuitif.

Manager bisa lakukan perubahan keputusan menggunakan data yang ada. Software ini menciptakan semua laporan keuangan besar, termasuk laporan laba rugi dan laporan arus kas, ditambah lagi analisa budgeting untuk membantu manager bisnis menerjemahkan laporan keuangan.

Baca juga  3 Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Yang Mudah Dibuat Tapi Bagus Hasilnya

Intacct

4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah
Photo credit: blumshapiro.com

Intacct merupakan software keuangan berbasis cloud, merupakan software custom yang membuat penggunanya memaksimalkan fungsinya untuk seluruh siklus akunting atau hanya untuk satu fungsi saja, seperti membuat laporan keuangan. Intacct menjamin standar akunting internasional serta juga menyediakan laporan yang secara spesifik untuk industri dan bisnis Anda.

Software ini bersifat customized sehingga bisa digunakan untuk analisa dan laporan real time.

Memilih software laporan keuangan yang tepat bisa mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk mengumpulkan dan mengatur data keuangan, sehingga Anda bisa buat keputusan lebih cepat dan lebih efektif menggunakan laporan keuangan.  Baik ketika Anda memilih software yang segera siap digunakan, atau yang butuh konfigurasi, software laporan keuangan di atas dikenal sebagai solusi inovatif dengan teknologi terkini untuk penggunaan yang praktis.

Tinggalkan komentar