3 Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Yang Mudah Dibuat Tapi Bagus Hasilnya

Kerajinan tangan bisa jadi merupakan istilah yang sering Anda dengar sejak kecil. Mungkin kala itu Anda terlibat langsung dalam proses pembuatan kerajinan tangan sebagai bagian dari kegiatan saat duduk di bangku sekolah.

Kerajinan tangan merupakan hasil karya yang dibuat dan memiliki nilai ekonomis. Kerajinan tangan melibatkan proses mengubah sebuah benda yang awalnya tidak bernilai hingga menjadi barang yang berharga.

Membuat kerajinan tangan bisa jadi hobi yang seru dan menyenangkan. Anda bisa gunakna barang-barang yang mudah ditemukan di sekitar yang tidak terpakai.

Barang yang tidak terpakai biasanya hanya akan menjadi sampah, tapi Anda bisa memanfaatkan barang ini jika mengolahnya menjadi barang yang punya manfaat sehinga bernilai ekonomis atau setidaknya berguna untuk kita pakai sendiri.

Nah, kali ini kita akan cari tahu lebih banyak tentang berbagai kerajinan tangan dari barang bekas:

Kerajinan tangan dari botol bekas

3 Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Yang Mudah Dibuat Tapi Bagus Hasilnya
Photo credit: paris-en-rose.fr

Sadarkah Anda?

Plastik merupakan salah satu ancaman terbesar bagi lingkungan, botol plastik termasuk di dalamnya. Sebuah data menunjukkan sekitar 6 milyar botol plastik berakhir jadi sampah tiap tahunnya. Dari jumlah ini, hanya sekitar 30 persen saja yang didaur ulang.

Bahkan perusahaan-perusahaan pembuat minuman soft drink terbesar di dunia mengakui kalau hanya 6,6 persen dari botol yang mereka gunakan dibuat dari plastik daur ulang.

Satu hal yang juga tidak kalah mengejutkan, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Indonesia berada di urutan kedua setelah Cina. Sampah-sampah plastik ini tidak hanya tidak sedap dipandang mata tapi juga membahayakan kesehatan.

Baca artikel lainnya tentang penyebab dan cara mengatasi sembelit.

Alangkah bijak bila mulai saat ini kita mengurangi sampah botol plastik yang kita hasilkan. Ada banyak cara untuk mengolah botol plastik menjadi barang yang bisa bermanfaat.

Baca juga  Berbelanja di Grosir Baju Muslim Pasti Lebih Untung

Coba ubah botol plastik Anda menjadi tempat pensil dengan motif yang menarik. Anda bisa pilih motif kelinci, misalnya, yang disukai anak-anak maupun orang dewasa.

Alat dan bahan yang Anda butuhkan tidak sulit diperoleh, yaitu:

  • Botol plastik
  • Gunting, cutter, atau pisau tajam untuk memotong
  • Cat aneka warna
  • Wadah untuk air
  • Alas untuk melindungi lantai atau meja agar tidak terkena cat
  • Beberapa kuas

Untuk cara membuatnya, Anda bisa ikuti instruksi berikut ini:

  • Gunakan gunting atau cutter untuk memotong bagian tutup botol plastik
  • Seluruh bagian botol dicat dengan warna putih. Pastikan cat sudah kering sebelum ke tahap selanjutnya.
  • Lukis bentuk kelinci pada botol. Anda bisa gunakan warna cat yang berbeda-beda untuk bagian wajah, mata, mulut, serta telinga.
  • Pastikan cat sudah kering sempurna sebelum tempat pensil kelinci digunakan.

Kerajinan tangan dari sedotan

3 Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Yang Mudah Dibuat Tapi Bagus Hasilnya
Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Gigi Anda terasa ngilu ketika minum minuman dingin atau isi gelas selalu berceceran ketika si kecil minum? Sedotan bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Sedotang jadi benda kecil yang cukup bermanfaat bagi manusia.

Sedotan pertama kali digunakan pada tahun 2000-3000 Sebelum Masehi. Sedotan pertama yang ditemukan terbuat dari emas dan batu berharga lainnya. Seiring perkembangannya, sedotan kemudian dibuat dari aneka bahan, mulai dari bahan kertas hingga plastik.

Sayangnya, sedotan plastik yang hanya satu kali digunakan menyebabkan tumpukan sampah plastik semakin meninggi.

Berdasarkan sebuah data, penduduk Indonesia setiap harinya menggunakan sedotan hingga 93.244.847 batang. Jumlah ini berasal dari minuman kemasan, restoran, serta sumber lain. Sedotan sebanyak itu jika dirangkai bisa mencapai panjang 16.784 km. Jarak ini sama dengan jarak yang Anda tempuh bila melakukan perjalanan dari Jakarta ke Meksiko.

Baca juga  9 Tips Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

Tiap minggunya, penduduk Indonesia menggunakan sedotan yang bila dirangkai akan mencapai panjang 117.449 km, ini berarti tiga kali keliling bumi. WOW!

Anda bisa kok, memanfaatkan sedotan bekas pakai dan mengubahnya jadi barang yang berguna.

Coba deh, buat bunga matahari dari sedotan bekas yang ada di rumah. Alat dan bahan yang Anda butuhkan sangat sederhana, yaitu:

  • Sedotang berwarna kuning sekitar 4 buah
  • Gunting
  • Lem
  • Jarum dan benang

Siapkan benang yang telah dimasukkan ke dalam jarum. Sedotan dipotong menjadi 4 bagian dengan ukuran panjang yang sama. Rangkai sedotan sejajar menggunakan jarum, posisi benang ada di bagian tengah.

Kencangkan benang hingga sedotang berbentuk menyerupai bunga. Gunakan simpul mati agar posisi sedotan tidak berubah.

Buat bentuk diagonal pada tiap ujung sedotan dengan menggunakan gunting.

Ulangi langkah di atas sampai terbentuk 5 rangkaian bunga. Kemudian satukan kelima rangkaian tadi. Jangan lupa tambahkan kertas berwarna coklat pada bagian tengah bunga. Dan bunga matahari dari sedotan siap menghiasi ruangan Anda.

Sangat mudah bukan? Anda sekarang bisa mengurangi sampah sedotan dengan membuat kerajinan tangan yang simpel dan bermanfaat ini.

Kerajinan tangan dari kardus

3 Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Yang Mudah Dibuat Tapi Bagus Hasilnya
Photo credit: encrypted-tbn0.gstatic.com

Kardus bekas pembungkus barang elektronik kadang kita biarkan saja menumpuk disudut ruangan. Lama kelamaan karena tidak digunakan kardus-kardus ini hanya jadi sarang debu dan akhirnya berakhir di tempat sampah.

Tapi tunggu dulu, dengan sedikit berpikir kreatif, kita bisa mengubah kardus bekas jadi kerajinan tangan yang menarik.

Alat tulis Anda selalu berantakan di meja kerja? Berarti Anda butuh rak mini agar semua alat tulis ada tempatnya. Ini akan membantu Anda menemukan alat tulis yang dibutuhkan dengan cepat dan menghindari risiko kehilangan barang-barang kecil ini.

Baca juga  4 Software Untuk Bikin Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah

Anda tak perlu membeli rak untuk alat tulis di supermarket atau toko buku, karena Anda bisa membuatnya sendiri dari kardus bekas. Cara membuatnya sangat mudah.

Berikut ini alat dan bahan yang Anda butuhkan:

  • Kardus bekas pembungkus barang elektronik atau semacamnya
  • Alat potong berupa gunting atau cutter
  • Lem sebagai perekat.

Siapkan kardus yang akan digunakan. Potong kardus sesuai ukuran dan bentuk rak yang diinginkan. Anda bisa menggunakan gunting atau cutter untuk memotong kardus.

Agar tampilannya lebih menarik, Anda bisa mewarnai kardus yang telah dipotong menggunakan cat atau membungkusnya dengan kertas kado. Jika menggunakan cat, pastikan cat sudah kering sebelum Anda merangkainya menjadi rak.

Buat lubang untuk memudahkan merangkai potongan kardus. Lalu satukan potongan kardus hingga membentuk rak. Pastikan rangkaiannya cukup kuat agar tidak mudah rusak.

Membuat kerajinan tangan bisa jadi aktivitas yang seru dan menyenangkan. Aktivitas ini bisa sebagai pelepas stres setelah Anda menjalani aktivitas yang padat, sekaligus jadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga. Terlebih bila Anda punya keponakan atau anak kecil, yang senang dengan menggunting, menempel, dan mewarnai, mereka bisa sekaligus mengasah kemampuan motorik bersama Anda.

Jadi jangan biarkan barang-barang bekas di sekitar Anda begitu saja. Anda bisa menjaga lingkungan jadi lebih sehat dengan mengurangi sampah serta memanfaatkanya menjadi barang yang bisa kembali digunakan. Bahkan, Anda bisa menjual kerajinan tangan yang Anda hasilkan. Lumayan bukan? Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, Anda tidak hanya mengurangi sampah tapi mendapat penghasilan tambahan dari produk kerajinan tangan yang Anda buat.

 

 

 

Tinggalkan komentar