Gambaran Surga Menurut Al Quran

Gambaran surga merupakan sesuatu yang orang tidak pernah bisa pahami sampai mereka memasukinya. Tapi Allah telah memberikan gambaran surga dalam Al Quran.

Allah telah menggambarkan surga sebagai tempat yang sangat berbeda dengan kehidupan di dunia.

Al Quran memberikan gambaran tentang surga, yang Allah janjikan. Al Quran juga menggambarkan kecantikan surga, untuk memberitahu manusia kalau surga adalah salah satu dari dua tempat yang Allah siapkan untuk manusia setelah kehidupan dunia.

Semua hal yang baik-baik akan manusia miliki di surga

Photo credit: Google

Ayat dalam Al Quran menjelaskan surga adalah tempat dimana semua nikmat diciptakan dengan sempurna dan dimana orang akan ditawarkan semua yang mereka inginkan, dan penghuni surga akan jauh dari kecemasan, rasa sedih, berduka, dan menyesal.

Setiap nikmat di surga penuh kesempurnaan yang tidak pernah dilihat atau dikenal sebelumnya. Allah telah mempersiapkan nikmat ini sebagai hadiah dan hanya diberikan kepada orang yang Ia kehendaki.

Tapi bagaimana sebenarnya kenikmatan di surga dan bagaimana bisa berbeda dengan kenikmatan di dunia? Berikut ini gambaran surga berdasarkan ayat Al Quran:

Penuh kebahagiaan tanpa rasa sakit dan penderitaan

Photo credit: Google

Meski manusia semasa hidup di dunia mengalami kebahagiaan, mereka juga menghadapi penderitaan. Bila seseorang memikirkan hidup yang dijalani, mereka akan temukan sejumlah kesulitan yang harus dihadapi.

Dalam dalam kehidupan yang abadi setelah kematian, tidak akan ada kesulitan atau penderitaan, dan orang-orang beriman akan hidup penuh nikmat dan kebahagiaan. Semua penyebab rasa sedih, sakit, dan penderitaan akan sirna di akhirat.

Baca juga  Squeeze Email Marketing Untuk Konversi Yang Lebih Baik

Kekayaan

Photo credit: Google

Ketika seseorang berpikir tentang kesuksesan dalam hidup, mereka biasanya membayangkan rumah besar, perhiasan, baju bagus, mobil mahal, dan stabil dalam finansial dianggap sebagai kunci untuk kehidupan yang bahagia.

Untuk kebanyakan orang, kesuksesan tidak bisa dipisahkan dari kekayaan, meski ini jauh dari kebenaran. Berapa kali kita melihat orang kaya hidupnya berantakan, kekayaan bahkan memicu mereka untuk melakukan bunuh diri. Kekayaan adalah sesuatu yang manusiawi dan keinginan ini diciptakan untuk tujuan yang baik.

Ketika keinginan ini tidak terpenuhi, bisa menyebabkan rasa sedih pada orang beriman. Karenanya Allah telah berjanji, penduduk surga akan memiliki semua kekayaan yang pernah dibayangkan, baik untuk mereka yang sangat miskin, mengalami lapar dan haus, hingga mereka yang berkecukupan tapi masih menginginkannya kembali. Allah memberi gambaran surga ini dalam Surat Az Zukhruf ayat 71:

“Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya.”

Photo credit: Google

Juga dalam Surat Al Haqqah ayat 24:

“Makan dan minumlah dengan nikmat karena amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu.”

Kemudian dalam Surat Al Kahfi ayat 31:

“Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.”

Tidak ada penyakit dan kematian

Photo credit: Google

Penyebab penderitaan di kehidupan dunia adalah kematian orang tercinta dan penyakit, yang keduanya tidak ada di surga. Tak satupun penghuni surga akan merasa sakit di surga. Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca juga  Apa Itu Nama Domain?

“Tak ada satupun yang akan mati di surga. Semua akan hidup abadi dan menikmati nikmat di sana.”

Tentang penghuni surga

Di dalam surga, penghuninya tidak akan pernah mendengar kata-kata kasar atau komentar yang  menyakiti. Mereka hanya mendengar kata-kata yang baik. Firman Allah dalam Al Quran (56:25-26):

“Di sana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia maupun yang menimbulkan dosa, tetapi mereka mendengar ucapan salam.”

Di dalam surga sidak ada permusuhan serta perasaan dendam seperti dijelaskan dalam  (Quran 7:43):

“Dan Kami mencabut rasa dendam dari dalam dada mereka, di bawahnya mengalir sungai-sungai. Mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan kami ke (surga) ini. Kami tidak akan mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak menunjukkan kami. Sesungguhnya rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran.” Diserukan kepada mereka, “Itulah surga yang telah diwariskan kepadamu, karena apa yang telah kamu kerjakan.”

Photo credit: Google

Penghuni surga akan mendapat teman terbaik yang  juga orang terbaik di dunia, firman Allah (4:69):

“Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pencinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.”

Hati penghuni surga suci, ucapan mereka baik, perbuatannya juga adil. Tidak ada saling menyakiti atau tersakiti, karena surga bebas dari kata dan perbuatan yang sia-sia.

Taman-taman di surga

Photo credit: Google

Gambaran surga paling jelas adalah taman yang indah, diisi oleh pepohonan hijau dan sungai yang mengalir. Bahkan dalam Bahasa Arab, jannah berarti taman.

Dalam Al Quran  (2:25) dijelaskan:

“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.”

Baca juga  Menyertakan Lampiran Berkas Pada Email Marketing? (Studi Kasus)

Pada ayat lain (3:133) Allah berfirman:

“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”

Hal yang sama dijelaskan dalam Al Quran (9:72):

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat yang baik di surga ‘Adn. Dan keridhaan Allah lebih besar. Itulah kemenangan yang agung.”

Makanan dan minuman di surga

Photo credit: Google

Dalam Al Quran di jelaskan, di surga ada banyak makanan dan minuman yang bisa dinikmati penghuni surga tanpa merasa kekenyangan atau mabuk dan keracunan.

Al Quran (2:25) menjelaskan:

“Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.”

Surga tempat tinggal yang abadi

Photo credit: Google

Dalam Islam, surga adalah tempat yang abadi. Penghuninya hidup di sana selamanya. Seperti dijelaskan dalam Al Quran (2:82):

“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya.”

Serta dalam Surat Ali Imran: 136:

“Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (itulah) sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.”

Demikianlah gambaran surga yang dijelaskan dalam Al Quran. Semoga Allah perkenankan kita semua untuk menjadi penghuni surga-Nya kelak. Aamiin…

Tinggalkan komentar