6 Gambar Kucing Lucu Yang Menggemaskan

Gambar kucing lucu bisa membuat orang yang melihatnya merasa terhibur. Hewan yang satu ini memang biasanya menjadi hewan peliharaan di rumah. Bagi pemiliknya, kucing lucu bahkan sudah dianggap seperti anggota keluarga. Jadi wajar saja kalau si pemilik sering mengambil gambar si kucing dan menyimpan gambar kucing lucu di handphone atau gadget lain.

Kucing kampung

Gambar Kucing Lucu Yang Menggemaskan
Photo credit: kekucingan.com

Coba perhatikan gambar kucing lucu di atas. Dari segi penampilan, kucing kampung memang tidak secantik kucing ras lain. Sebagian orang bahkan menganggap memelihara kucing kampung tidak sekeren dibanding memelihara kucing ras. Tapi sebenarnya, kucing kampung punya banyak kelebihan dibanding kucing ras.

Soal daya tahan tubuh, misalnya, kucing kampung ternyata memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik bila dibandingkan dengan kucing ras. Salah satu sebabnya karena kucing kampung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik mengingat kucing ini asalnya dari hutan dan mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berubah-ubah.

Kucing kampung jarang terkena penyakit seperti FIV, leukimia, renal failure dan semacamnya, tidak seperti kucing ras yang rentan terkena penyakit-penyakit ini. Tapi ini juga yang menyebabkan banyak kucing kampung terlantar mengingat jumlahnya sangat tinggi dibanding kucing ras.

Baca artikel lainnya tentang sejarah bola basket dan fakta unik tentangnya.

Kucing Persia

Gambar Kucing Lucu Yang Menggemaskan
Photo credit: thehappycatsite.com

Seperti gambar kucing lucu di atas, kucing Persia memiliki ciri wajah bulat, tubuh montok, dan bulu lebat. Kucing Persia jadi salah satu kucing ras yang paling terkenal.

Masih belum bisa dipastikan tentang darimana asal kucing Persia. Menurut beberapa sumber, kucing berbulu panjang ini telah ada di Timur Tengah selama ratusan tahun, meski penelitian mengatakan kalau kucing ini punya gen dari kucing yang berasal dari Eropa Barat.

Baca juga  Tips Membuat Taman Minimalis di Dalam dan di Luar Rumah

Meski tidak diketahui kapan dan bagaimana dunia mengenal kucing Persia, satu versi populer mengatakan hewan dengan bulu cantik ini diperkenalkan ke Eropa Barat oleh seorang yang berkebangsaan italia bernama Pietro della Valle. Ia melakukan perjalanan ke sepanjang Holy Land, Timur Tengah, Afrika Utara, dan India. Di tahun 1620, della Valle melewati Persia dan mengambil kucing berbulu panjang dan eksotis yang ia lihat di sebuah acara. Ia membeli 4 pasang kucing, dan membawanya pulang ke rumahnya di Eropa. Tentu ada banyak lagi pelaut, pedagang, serta traveler yang juga membawa kucing ini dari Timur Tengah ke belahan dunia lain.

Cara merawat kucing Persia

Gambar Kucing Lucu Yang Menggemaskan
Photo credit: media.buzzle.com

Satu kesalahan yang umum dilakukan pemilik kucing Persia adalah menyisir bulu tanpa menjangkau akarnya. Seperti ketika menyisir rambut sendiri, Anda perlu menempatkan sisir dari bagian akar dan mengatasi bulu yang kusut sampai ke ujungnya.  Yang paling efektif dan terasa nyaman bagi kucing adalah menyikat searah pertumbuhan bulu.

Anda bisa gunakan sisir dengan gigi jarang untuk membantu mengatasi kusut.

Salah satu ciri kucing Persia adalah brachycephalic, ini adalah istilah yang berarti hidung dan ruang pernapasan jauh lebih pendek dibanding kucing normal. Bagian dasar hidung pada kucing Persia tidak menonjol melewati level mata.

Ini berarti kucing ini tidak memiliki sistem membran lendir yang menyaring udara. Ini membuatnya selalu bersin karena kurangnya penyaringan udara normal yang jadi garis pertama pertahanan terhadap infeksi.

Cara terbaik untuk membantu kucing melawan infeksi pernapasan adalah dengan selalu membersihkan hidungnya. Memastikan kebersihan hidung kucing sangat penting karena hidung kucing Persia Anda yang pendek bisa sangat mudah tersumbat, sehingga membuatnya sulit bernapas. Anda bisa gunakan lap hangat dan basah untuk membersihkan hidung kucing .

Baca juga  6 Fakta Unik Tentang Burung Lovebird Yang Perlu Anda Tahu

Gambar kucing lucu dari Ankara (Kucing Angora)

Gambar Kucing Lucu Yang Menggemaskan
Photo credit: askideas.com

Gambar kucing lucu di atas adalah kucing Angora. Nama kucing Angora diambil dari nama kota Ankara di Turki, yang menjadi asal kucing ini.

Selama berabad-abad, kucing ini menjadi suvenir menarik bagi pengunjung Turki dan jadi kucing berbulu panjang pertama di Eropa. Satu teori mengatakan bangsa Viking membawa kucing Angora dari Turki lebih dari seribu tahun yang lalu.

Kucing Angora berukuran sedang dengan tubuh panjang, kaki ramping, ekor panjang dan lebat, telinga dan mata besar, moncong panjang, serta dada langsing. Bulunya lembut. Meski umumnya berwarna putih, kucing Angora memiliki 20 warna berbeda.

Kucing Angora sangat aktif dan lincah. Kucing ini senang dengan permainan interaktif, punya instink berburu yang kuat, dan mudah bosan bila tidak memiliki mainan atau teman untuk diajak bermain. Kucing ini baik pada anak kecil, anjing, dan kucing lain. Bila memiliki kucing Angora, pastikan Anda menyediakan tempat untuk dipanjat karena kucing ini suka berada di tempat tinggi.

Kucing Angora ramah ke tamu, tapi paling senang dengan majikannya sendiri. Kucing ras ini paling baik berada di rumah yang ada kucing lain atau anjing untuk menemaninya bila tidak ada orang di rumah sepanjang hari. Ketika Anda di rumah, kucing ini mungkin berbaring manja di pangkuan Anda. Di malam hari, ia akan masuk ke kamar Anda dan ikut tidur di bantal yang Anda gunakan.

Anda perlu punya selera humor ketika tinggal bersama kucing Angora, serta kesabaran. Ketika ia punya ide di kepalanya, bisa sulit untuk mengubah pikirannya dan bagaimana ia berperilaku.

Kucing Angora memang cocok untuk ada di tengah keluarga tapi sifatnya yang sangat interaktif dan senang bermain serta rentang perhatiannya yang pendek kadang jadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya.

Baca juga  Teknik Jagal Sapi: Panduan Penyembelihan Dari Awal Hingga Tuntas!

Kesehatan kucing Angora

Gambar Kucing Lucu Yang Menggemaskan
Photo credit: media.buzzle.com

Semua kucing bisa mengalami masalah kesehatan yang berasal dari faktor genetik. Kucing Angora umumnya sehat, tapi kucing dengan warna putih solid dengan satu atau dua mata berwarna biru rentan mengalami ketulian pada satu atau kedua telinga. Masalah kesehatan  lainnya adalah ataxia dan hypertrophic cardiomyopathy.

Ataxia adalah gangguan neuro otot yang fatal yang bisa terjadi pada kucing kecil di usia 2 sampai 4 minggu. Pemeriksaan bisa menurunkan risiko penyakit ini.

Sedangkan hypertrophic cardiomyopathy adalah bentuk penyakit jantung yang menyebabkan otot jantung membesar. Kucing Angora jadi kucing ras yang sangat rentan mengalami penyakit ini.

Perawatan kucing Anggora

Gambar Kucing Lucu Yang Menggemaskan
Photo credit: media.buzzle.com

Sikat gigi kucing untuk mencegah penyakit periodontal. Yang paling baik menyikat giginya setiap hari, tapi satu kali dalam seminggu masih lebih baik daripada tidak sama sekali. Potong kukunya tiap beberapa minggu. Bersihkan sudut mata dengan lap lembab yang lembut untuk mengangkat kotoran. Gunakan area lap berbeda untuk tiap mata untuk menghindari risiko penyebaran infeksi.

Periksa bagian telinga setiap minggu. Bila terlihat kotor, lap dengan bola kapas atau lap lembab. Hindari menggunakan cotton bud karena bisa merusak bagian dalam telinga.

Sebaiknya kucing Angora tetap berada di dalam ruangan untuk melindunginya dari penyebaran penyakit oleh kucing lain, diserang oleh anjing, dan bahaya lain seperti ditabrak mobil. Kucing Angora yang berada di luar ruangan juga berisiko dicuri orang lain yang suka dengan kecantikan hewan ini.

Tinggalkan komentar