Cerita Motivasi Yang Menginspirasi

Ada banyak manfaat yang  bisa didapat ketika kita membaca cerita motivasi. Pembaca bisa lebih berpikir positif. Setelah membaca cerita motivasi, kita bisa melihat segala sesuatu dari sisi yang positif dan melihat potensi dari segala hal.

Cerita motivasi menstimulasi bagian otak yang terkait dengan pemikiran positif dan progresif. Individu yang membaca cerita motivasi akan jadi orang yang berpikir positif dan mengeluarkan energi positif yang memberi mood bagus untuk lingkungan sekitarnya.

Berikut ini beberapa cerita motivasi yang bisa menginspirasi Anda:

Cerita motivasi #1 : Berat sebuah gelas

Photo credit: Google

Suatu hari seorang profesor psikologi berada di atas panggung ketika mengajar prinsip manajemen stres di sebuah auditorium yang penuh oleh mahasiswa. Ketika ia mengangkat sebuah gelas berisi air, tiap orang menduga ia akan bertanya tentang gelas yang setengah kosong atau setengah penuh.

Ternyata, dengan senyuman di wajahnya, si profesor bertanya, “Seberapa berat gelas berisi air yang saya pegang ini?”

Para mahasiswa memberikan jawaban yang berbeda-beda mulai dari 8 pound sampai beberapa pound.

Ia menjawab, “Dari perspektif saya, berat absolut dari gelas ini tidak jadi masalah. Ini bergantung berapa lama saya memegangnya.”

“Bila saya memegangnya selama satu atau dua menit, maka ini cukup ringan. Bila saya memegangnya selama 1 jam tanpa jeda, berat gelas mungkin akan membuat lengan saya sedikit sakit. Bila saya memegangnya seharian penuh, lengan saya bisa kram dan merasa kebas, sehingga kemungkinan saya akan menjatuhkan gelas ini ke lantai.”

“Pada tiap kasus, berat gelas tidak berubah, tapi semakin lama saya memegangnya, semakin berat terasa gelas ini.”

Para mahasiswa menganggukkan kepala tanda setuju. Si profesor melanjutkan “Stres dan kecemasan Anda dalam hidup sangat mirip dengan gelas berisi air ini. Memikirkannya untuk sesaat, tidak akan terjadi apa-apa. Memikirkannya sedikit lebih lama, Anda akan mulai mengalami sedikit sakit kepala. Memikirkannya sepanjang waktu, Anda bisa merasa tidak sehat, tidak bisa melakukan apa-apa kecuali menjatuhkannya.”

Baca juga  Bagaimana Perang Teluk Terjadi?

Moral dari cerita motivasi di atas : Penting untuk melepaskan stres dan kecemasan Anda. Apapun yang terjadi di hari ini, lepaskan semua beban di pikiran.

Jangan menangisinya sepanjang malam hingga keesokan harinya. Bila Anda masih merasakan stres di hari kemarin, ini berarti waktunya untuk meletakkan gelas.

Cerita motivasi #2: Umpan untuk ikan hiu

Photo credit: Google

Dalam sebuah eksperimen seorang ahli biologi kelautan menempatkan sebuah ikan hiu di tangki besar dan lalu melepas beberapa umpan ikan ke dalam tangki.

Sudah bisa diduga, ikan hiu dengan cepat bergerak dan menyerang lalu memakan ikan-ikan kecil itu.

Si ahli biologi kelautan lalu memasukkan dinding kaca besar ke dalam tangki, sehingga terbentuk dua bagian terpisah. Ikan hiu berada di satu sisi dan satu sisi lain diisi oleh ikan kecil untuk umpan.

Kembali, ikan hiu dengan cepat menyerang ikan kecil. Tapi kali ini, hiu menabrak dinding kaca. Hiu terus berusaha mendekati ikan kecil untuk memakannya tapi selalu gagal. Sedangkan si ikan kecil bisa leluasa berenang tanpa bahaya. Setelah satu jam eksperimen, ikan hiu tidak lagi menyerang.

Eksperimen ini diulangi beberapa kali selama beberapa minggu. Seiring waktu, ikan hiu jadi tidak lagi begitu agresif menyerang dan perlahan ia merasa lelah menabrak dinding kaca dan berhenti menyerang sama sekali.

Si ahli biologi kemudian mengangkat dinding kaca pemisah, tapi ikan hiu tetap tidak menyerang ikan kecil. Ikan hiu terlatih untuk meyakini ada penghalang antara dirinya dan ikan umpan, jadi ikan umpan bisa berenang tanpa khawatir diserang hiu.

Moral dari cerita motivasi di atas : Banyak dari kita, setelah mengalami sejumlah kegagalan, secara emosi menyerah dan berhenti mencoba.

Baca juga  Gamifikasi Dalam Email Marketing (Penerapan dan Studi Kasus)

Seperti hiu pada cerita tadi, kita merasa karena kita pernah gagal di masa lalu, kita akan selalu mengalami kegagalan. Dengan kata lain, kita terus melihat penghalang, meski ketika tidak ada penghalang antara kita dan apa yang kita ingin capai.

Baca artikel lainnya tentang percobaan Ingenhousz.

Cerita motivasi #3: Hal kecil yang berarti

Photo credit: Google

Tiap Minggu pagi saya jogging di sekitar taman di dekat rumah. Ada danau kecil berada di sudut taman. Tiap kali saya jogging di dekat danau, saya melihat wanita tua duduk di pinggir danau dengan sangkar logam di sampingnya.

Karena merasa penasaran, saya berhenti jogging dan menghampirinya. Ketika mendekat, saya lihat sangkar logam itu ternyata perangkap kecil. Ada 3 kura-kura yang berjalan lambat di bagian bawah perangkap. Ada satu kura-kura di pangkuan si wanita tua dan ia sedang menggosoknya dengan spon.

“Halo, saya lihat Anda setiap Minggu pagi. Saya jadi penasaran apa yang Anda lakukan dengan kura-kura ini?”

Si wanita tua tersenyum. “Saya membersihkan tempurung mereka,” jawabnya. “Kadang ada kotoran di tempurung kura-kura, seperti ganggang atau sampah, kura-kura jadi tidak bisa menyerap panas dan ini mengganggu kemampuannya untuk berenang. Kotoran ini juga bisa merusak tempurung mereka.”

“Wah, Anda baik hati sekali,” seru saya.

Si wanita tua melanjutkan bicara, “Setiap Minggu pagi, saya datang ke sini selama beberapa jam untuk rileks dan membantu hewan-hewan kecil ini. Ini cara saya untuk melakukan perubahan.”

Saya bertanya, “Tapi bukankah kebanyakan kura-kura ini hidup seperti itu, dengan kotoran dan ganggang di tempurung mereka?”

“Ya, sangat disayangkan, tapi memang seperti itu,” ia menjawab.

Dengan sedikit bingung, saya berkata, “Kalau begitu, apa ini bukan hal yang sia-sia? Maksud saya, ada banyak sekali kura-kura kecil tinggal di danau di seluruh dunia. Dan 99 persen kura-kura tidak punya orang baik seperti Anda yang membantu mereka membersihkan tempurung mereka. Jadi, bagaimana bisa Anda melakukan perubahan dengan cara itu?”

Baca juga  Mengingatkan Pembaca Dalam Email Marketing (Studi Kasus)

Si wanita tua kembali tersenyum. Ia melihat ke bawah ke kura-kura di pangkuannya, menggosok kotoran dari tempurungnya, seraya berkata, “Anak muda, bila kura-kura kecil ini bisa bicara, ia akan memberitahumu kalau saya telah melakukan perubahan kecil pada dunia ini.”

Moral dari cerita motivasi di atas: Anda bisa mengubah dunia, mungkin tidak sekaligus, tapi satu orang, satu hewan, dan satu perbuatan baik dalam satu waktu. Bangunlah di pagi hari dan lakukan hal kecil yang bisa mengubah dunia.

Tinggalkan komentar