Cara Membuat Software Untuk Aplikasi

Membuat software membutuhkan pengetahuan tentang salah satu bahasa programming, serta hal lainnya. Siapapun yang tertarik dengan cara membuat software seperti program, game, atau layanan online harus mulai dengan belajar tentang bahasa programming.

Ada banyak bahasa programming dan cara membuat software membutuhkan latihan dan juga waktu.

Mengenal bahasa programming untuk membuat software

Cara Membuat Software Untuk Aplikasi
Photo credit: Google

Siapapun bisa punya ide, tapi pengembang bisa mengubah ide ini menjadi nyata. Bahkan bila Anda hanya ingin mengerjakan aspek desain dari software, Anda perlu familiar dengan coding dan bisa menciptakan prototype yang dasar. Bahasa programming sangat luas cakupannya dan Anda bisa pelajari ini sendiri.

Beberapa bahasa programming yang bermanfaat dan penting antara lain:

  • C merupakan bahasa programming lama yang masih digunakan, dan menjadi dasar untuk kebanyakan bahasa programming lainnya. C digunakan untuk mengembangkan program level rendah, dan kerjanya sangat berhubungan dengan hardware komputer.
  • C++. Ini merupakan versi lain dari C dan jadi bahasa programming yang paling populer di Program seperti Chrome, Firefox, Photoshop dan banyak lagi dibangun dengan C++. C++ juga bahasa yang sangat terkenal untuk menciptakan video games. Pengembang C++ punya peluang besar karena sangat dibutuhkan.
  • Java merupakan pengembangan dari C++, dan digunakan karena portabilitasnya. Hampir semua sistem bisa menggunakan Java Virtual Machine, yang bisa digunakan untuk menjalankan software Java. Java digunakan sangat luas di video game dan software bisnis, dan banyak orang merekomendasikan ini sebagai bahasa programming yang penting.
  • C#. C# merupakan bahasa berbasis Windows yang jadi bagian .NET framework dari Microsoft. C# sangat terkait dengan Java dan C++. Dan bila Anda belajar Java, Anda bisa dengan cepat transisi ke C#. Bahasa programming ini sangat bermanfaat untuk pengembang yang bekerja dengan software Windows atau Windows Phone.
  • Objective-C. Ini jadi bagian lain dari bahasa C yang secara spesifik didesain untuk sistem Apple. Objective-C sangat populer di aplikasi iPhone dan iPad. Dan jadi bahasa yang perlu dipelajari para pengembang freelance.
  • Python jadi bahasa yang sangat mudah dipelajari. Python spesialis dalam pengembangan web.
  • PHP sebenarnya bukan pengembangan software, tapi PHP penting bila Anda tertarik dalam pengembangan web. Ada banyak peluang kerja untuk pengembang PHP, meski tidak semenguntungkan seperti pengembangan software.
Baca juga  Mengenal Logo Koperasi dan Artinya

Tips cara membuat software untuk aplikasi

Cara Membuat Software Untuk Aplikasi
Photo credit: Google

Langkah awal yang penting adalah merencanakan software apa yang ingin Anda kembangkan. Misalnya perencanaan Anda harus menyertakan tujuan software, game atau lainnya serta fitur yang Anda ingin sertakan.

Berikut ini cara membuat software di aplikasi mobile:

Pilih niche yang eksklusif untuk aplikasi software Anda

Tentukan dengan pasti apa yang Anda ingin software aplikasi lakukan dan bagaimana Anda menyajikannya ke calon audiens. Pastikan niche yang Anda pilih cukup populer tapi tidak terlalu umum.

Baca artikel lainnya tentang tips meningkatkan kemampuan interaksi sosial.

Periksa aplikasi software serupa di app store

Lihat kepopuleran aplikasi software lain dengan mempelajari statistik download, atau melihat rating serta review-nya.

Bila memungkinkan, coba download aplikasi serupa, untuk tahu kelebihan dan kekurangan serta juga melihat apa yang membuatnya unik, dari perspektif pengguna.

Meski Anda mengeluarkan uang untuk beberapa jenis aplikasi software ini, cara ini akan memberi Anda informasi tentang kompetisinya.

Tawarkan sesuatu yang unik

Cara Membuat Software Untuk Aplikasi
Photo credit: Google

Pastikan aplikasi Anda menawarkan sesuatu yang berbeda dan spesial untuk penggunanya. Keunikan akan membuat software Anda lebih unggul dibanding yang lain.

Mulai dengan yang sederhana

Di awal Anda cukup buat aplikasi yang minimalis. Coba untuk tidak menampilkan terlalu banyak ketika pertama kali meluncurkan software aplikasi. Fitur tambahan bisa ditambahkan nantinya.

Di tahap awal, kembangkan software mobile untuk hanya satu platform mobile. Jangan tergesa-gesa menyediakan software untuk banyak platform mobil kecuali Anda sangat yakin dengan keunggulan aplikasi Anda.

Pastikan untuk membuat perencanaan lebih dulu dan pilih platform mobile yang tepat untuk aplikasi Anda.

Bila memungkinkan buat UI sketch yang detail dari aplikasi Anda, daripada hanya menuliskannya. Ini akan jadi lebih mudah untuk Anda dan memberi sentuhan akhir yang lebih baik pada aplikasi.

Baca juga  Mengenal Sejarah RA Kartini

Kembangkan aplikasi untuk software

Cara Membuat Software Untuk Aplikasi
Photo credit: Google

Kembangkan aplikasi Anda secara in-house. Ini akan menghemat banyak waktu dan uang. Bila tidak memungkinkan, Anda perlu sangat berhati-hati dengan orang atau perusahaan yang Anda ajak kerja sama untuk mengembangkan software bersama Anda.

Secara aktif Anda harus terlibat di tiap tahap perkembangan aplikasi dan mengujinya secara keseluruhan sebelum mengirimnya ke marketplace.

Cari market untuk aplikasi software mobile yang ingin Anda targetkan. Pahami spesifikasi pasar aplikasi dan ketentuannya, agar Anda bisa menghindari risiko penolakan.

Keyword dan deskripsi

Cara Membuat Software Untuk Aplikasi
Photo credit: Google

Tentukan keyword dan deskripsi yang tepat untuk software aplikasi Anda. Ini jadi aspek penting sekaligus membantu mengurangi usaha promosi aplikasi software Anda di app store.

Tentukan harga

Juga penting bagi Anda untuk menentukan harga yang tepat untuk aplikasi Anda. Pelajari harga aplikasi serupa di pasar dan pastikan harga aplikasi Anda kompetitif.

Idealnya, tawarkan pengguna trial gratis untuk aplikasi Anda. Ini akan mengukur respon publik terhadap aplikasi Anda, tanpa segera mengundang kritik pada end-user.

Respon pengguna

Cara Membuat Software Untuk Aplikasi
Photo credit: Google

Perhatikan konsumen Anda dengan serius. Dengarkan apa yang mereka katakan melalui feedback dan rating aplikasi. Ini akan memberi Anda petunjuk bagaimana melanjutkan di versi selanjutnya untuk aplikasi software Anda.

Beberapa tips lainnya terkait cara membuat software:

  • Bicara pada teman tentang aplikasi yang Anda rencanakan. Mereka akan bisa memberi Anda pendapat sebagai orang ketiga.
  • Buat jadwal dan deadline yang jelas untuk peluncuran aplikasi Anda. ikuti jadwal ini, agar Anda tidak perlu menunda seluruh prosesnya.
  • Minta teman untuk menguji aplikasi Anda sebelum benar-benar meluncurkannya di marketplace. Setelah diluncurkan, minta mereka untuk memberi rating dan review, yang akan membuat seolah Anda sudah memiliki pelanggan.
  • Luangkan waktu untuk promosi dan pemasaran. Buat website untuk aplikasi dan upload foto serta video tentang aplikasi yang sama. Intinya, coba buat agar aplikasi software Anda terekspos semaksimal mungkin.
  • Beri fokus penuh pada end-user. Ingat, merekalah yang jadi alasan kenapa Anda mengembangkan software mobile ini.
Baca juga  Memanfaatkan Tren Musiman dan Event Terkini (Studi Kasus)

 

Tinggalkan komentar