Gunakan Bukti Sosial Dalam Email Marketing Anda (Studi Kasus)

Bukti sosial

Bukti sosial atau social proof merupakan status sosial yang dicapai oleh suatu produk, perorangan atau perusahaan seperti testimonial, ulasan, pencapaian tertentu, penghargaan dan lain sebagainya

Kissmetrics mengatakan seperti ini melalui salah satu artikel blognya ini:

  1. Lebih dari 70% orang Amerika mengatakan bahwa mereka melihat ulasan produk terlebih dahulu sebelum melakukan memutuskan untuk melakukan.
  2. Hampir 63% konsumen menunjukkan bahwa mereka cenderung membeli dari sebuah situs yang memiliki peringkat dan ulasan produk.

Dari statistik bukti sosial tersebut maka pengaruhnya sangat bagus untuk kegiatan marketing Anda.

Social Proof atau Bukti sosial adalah alasan bagi situs Cengking dan TripAdvisor untuk terus berkembang pesat. Konsumen mempercayai apa yang diminati konsumen lain. Prinsip yang sama bisa dengan mudah diterapkan pada email marketing. Jika Anda memiliki bukti sosial, maka pergunakanlah sebaik mungkin jika Anda ingin peningkatan yang lebih signifikan.

Lihatlah bagaimana FlightFox dengan santai menyebutkan bahwa 97% pelanggan akan merekomendasikan versi terbaru layanan ini. Angka yang menakjubkan, dan angka itu dicantumkan dalam email yang mereka kirimkan.

Jika Anda memiliki angka bukti sosial seperti itu untuk dibagikan, pastikan semua orang tahu tentang hal itu.

Bukti sosial 1

Banyak forum dan komunitas memanfaatkan sepenuhnya bukti sosial ini. Karena mereka memiliki pengguna aktif, mereka dapat menjalin diskusi untuk mendapatkan rekomendasi produk baru. Quora, pembaca dapat menggunakan jumlah vote dalam diskusi untuk memutuskan link mana yang akan mereka klik.

Bukti sosial 2

GrowthHackers menggunakan pendekatan yang sama namun dengan penekanan pada aktivitas pengguna mereka. Jika diskusi GrowthHackers memiliki 20 komentar, Anda tahu ada informasi yang menarik untuk dilihat seputar produk tersebut.

Jika Anda tidak memiliki forum, pertimbangkan jumlah social share di newsletter Anda. Efeknya sama, pembaca ingin tahu apa yang diminati oleh yang lainnya.

Baca juga  Tips Membuat Pelanggan Email Anda Merasa Istimewa (Studi Kasus)

Bukti sosial 3

Memiliki bukti sosial? gunakan dalam kampanye email marketing Anda untuk meningkatkan konversi!

Tinggalkan komentar