Barakallah Artinya dan Cara Mendapat Keberkahan Dalam Hidup

Barakallah adalah ungkapan yang digunakan muslim untuk mengungkapkan rasa syukur, biasanya ditujukan ke orang lain. Barakallah artinya “Semoga mendapat keberkahan Allah.” Ucapan ini jadi salah satu ucapan yang digunakan muslim untuk mengungkapkan syukur.

Barakallah juga jadi jawaban untuk orang yang mengatakan “Jazakallah.” Ada variasi untuk ungkapan barakallah yang digunakan muslim.

Barakallah yang artinya “Semoga mendapat keberkahan Allah” punya artinya berbeda dengan “barakallah fik” yang berarti “Semoga keberkahan Allah atas dirimu.”

Kapan gunakan ucapan barakallah?

Photo credit: Google

Seperti telah disebutkan di atas, barakallah artinya “Semoga mendapat keberkahan Allah,” digunakan ketika muslim ingin berterima kasih pada seseorang. Kita bisa menggunakan ucapan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih, apresiasi, dan rasa syukur.

Apa yang dimaksud barokah dari Allah?

Photo credit: Google

Kita selalu mengharapkan barokah dari Allah, tapi apa sebenarnya yang dimaksud keberkahan?

Barokah dalam Bahasa Arab punya tiga arti penting.

Barokah berarti bertambah

Photo credit: Google

Yang pertama, kata barokah memiliki arti bertambah. Jadi ketika sesuatu memiliki barokah, berarti akan bertambah dan meningkat.

Barokah artinya ketika Anda menanam benih di tanah, Anda bisa memperoleh tiga tanaman dari benih ini, tapi Anda bahkan bisa mendapat 10 tanaman. Ini yang disebut barokah.

Anda mungkin pernah mendengar orang bercerita, “Saya memulai bisnis di garasi rumah dengan modal hanya sebesar 500 ribu rupiah, tapi setelah 15 tahun bisnis saya sudah memiliki beberapa cabang baik di dalam maupun di luar negeri.” Ini yang dinamakan barokah.

Baca juga  Gambaran Surga Menurut Al Quran

Barokah berarti terus-menerus

Photo credit: Google

Yang kedua, barokah mengandung arti terus-menerus. Seperti ketika hujan turun terus-menerus tanpa henti. Terus-menerus jadi bagian dari arti barokah. Dan ini bukan sesuatu yang sifatnya sementara.

Barokah berarti stabil

Photo credit: Google

Biasanya ketika sesuatu tumbuh dan meningkat, seperti bangunan atau ekonomi yang meningkat di luar ekspektasi, ada kekhawatiran terjadi kegagalan. Ekonomi yang tumbuh terlalu cepat berisiko hancur juga.

Tapi barokah juga punya arti stabil, tidak seperti ekonomi yang naik dan turun, tidak seperti tren fashion yang digandrungi lalu ditinggalkan, barokah berarti selalu stabil.

Di dalam surat Ar-Rahman, Allah berfirman di ayat terakhir, yang artinya:

“Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.”

Jadi apapun yang kita lakukan, memohon kepada Allah akan mengundang barokah, karena nama Allah penuh keberkahan. Ketika keberkahan Allah datang, tidak ada akhir untuk keberkahan-Nya.

Semoga Allah memberi keberkahan kepada kita dengan kesehatan, kesuksesan dalam pekerjaan, keuangan, dan dalam semua hal yang kita ingin capai. Aamin.

Tips memperoleh barokah dalam hidup

Photo credit: Google

Barokah berarti keberkahan yang Allah berikan dalam hal waktu, kesehatan, dan lainnya. Banyak orang mengeluh tentang kurangnya barokah dalam hidup. Ini sebenarnya bisa dihindari.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh barokah:

Melaksanakan sholat wajib 5 kali dalam sehari

Photo credit: Google

Bila Anda tidak sholat 5 kali sehari, Anda tidak bisa berharap keberkahan dalam hidup Anda. Sholat sebanyak 5 kali dalam sehari adalah tindakan wajib yang harus kita lakukan sebagai hamba Allah.

Bila kita mengabaikan kewajiban ini kita tidak bisa mendapat keberkahan dalam berbagai hal di hidup kita.

Berdoa meminta keberkahan

Photo credit: Google

Bila Anda mengharapkan barokah serta nikmat Allah lainnya, Anda perlu memintanya. Mintalah kepada Allah setiap hari dalam doa agar mendapat keberkahan dalam waktu, usaha, kekayaan, kesehatan, dan lainnya. Doa yang tulus ikhlas pasti didengar Allah.

Baca juga  Memanfaatkan Tren Musiman dan Event Terkini (Studi Kasus)

Sepertiga malam terakhir penuh keberkahan

Sepertiga malam terakhir serta awal pagi adalah waktu yang penuh dengan keberkahan. Cobalah bangun untuk melaksanakan sholat tahajud lalu manfaatkan waktu setelah sholat tahajud dan sholat fajar.

Anda akan menyadari ada banyak hal yang bisa diselesaikan di waktu yang lebih singkat karena keberkahan yang Allah berikan.

Pastikan penghasilan, pengeluaran, dan makanan yang halal

Photo credit: Google

Agar doa dikabulkan Allah, kita harus menghindari hal yang Allah benci. Lakukan yang terbaik untuk memperoleh harta yang halal, gunakan dengan tepat, dan hanya konsumsi makanan halal. Bila Anda melakukan ini, Anda akan mendapat barokah dari Allah.

Banyak bersedekah

Banyak orang menyadari kalau cara meningkatkan keberkahan dalam harta adalah dengan memberikannya ke orang lain Hal yang sama berlaku untuk waktu.

Sediakan waktu untuk melakukan hal yang baik.  Seperti ketika Anda menyediakan waktu untuk orang lain, semakin Allah menyediakan waktu untuk Anda.  Begitu juga, semakin banyak waktu untuk orang lain, maka Allah akan memberkahi waktu Anda.

Bersyukur atas apa yang kita miliki

Photo credit: Google

Allah berfirman dalam Al Quran di Surah Ibrahim 14:07 yang artinya:

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema’lumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

Jadi bila kita ingin keberkahan dalam waktu, kita harus bersyukur kepada Allah untuk waktu yang ia telah berikan ke kita, bukan mengeluh tentang apa yang tidak kita miliki. Rumusnya sederhana, rasa syukur menambah keberkahan, dan keluhan membuat keberkahan menurun.

Berperilaku baik terhadap orang di sekitar kita

Awalnya, Anda mungkin bertanya, dimana keberkahan dari hal ini? Ingat, salah satu arti barokah adalah kebaikan, jadi berbuat baik meningkatkan kebaikan terhadap diri kita sendiri.

Baca juga  Gambar Pancasila dan Sejarahnya

Buatlah daftar hal baik yang bisa Anda lakukan dalam satu hari, dan coba renungkan di siang harinya, agar Anda punya waktu untuk melakukannya sebelum malam hari.

Membaca Al Quran

 

Photo credit: Google

Al Quran berisi pelajaran hidup yang bisa kita pelajari dan praktikkan setiap hari, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan juga keberkahan.

Meski Anda merasa kesulitan membaca Al Quran, jangan putus asa. Sebuah hadits mengatakan orang yang kesulitan membaca Al Quran mendapat pahala dua kali lipat. Ini berarti lebih banyak barokah.

Allah berfirman dalam Surat Al An’am ayat 92 yang artinya:

Dan ini (Al Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi; membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka selalu memelihara sholatnya.

Coba baca dan pahami Al Quran. Bila Anda tidak mengenal Bahasa Arab, daripada hanya membaca satu halaman Al Quran dalam Bahasa Arab, baca setengah halaman dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia. Dengan cara ini Anda bisa mendapat manfaat dari bacaan Anda. Bila Anda sangat sibuk, bahkan satu ayat dalam sehari sudah jadi permulaan yang baik.

Tinggalkan komentar