Apa Itu Email Marketing?

Apa itu email marketing

Sebenarnya apa sih email marketing itu? dan apa untungnya untuk bisnis Anda?

DEFINISI:

Pada dasarnya email marketing adalah pemasaran ataupun promosi sebuah produk atau jasa yang dilakukan melalui media email.

Tapi menurut saya yang paling tepat bukan seperti itu karena makna email marketing sebenarnya lebih dalam lagi...

Bagi saya, email marketing adalah:

Penggunaan media email untuk membangun kedekatan serta kepercayaan dengan calon pelanggan atau calon klien Anda dan membina hubungan baik yang telah terjalin dengan pelanggan atau klien Anda.

Bagi saya, email marketing adalah: Penggunaan media email untuk membangun kedekatan serta kepercayaan dengan calon pelanggan atau calon klien Anda dan membina hubungan baik yang telah terjalin dengan pelanggan atau klien Anda.

Click to Tweet

Email marketing adalah salah satu segmen dari internet marketing , yang meliputi pemasaran online melalui website , media sosial , blog, dan sebagainya. Hal ini pada dasarnya sama dengan  mengirim surat melalui layanan pos seperti jaman dulu sebelum email mulai menggantikannya. Saat ini pesan yang dikirim secara elektronik melalui internet disebut dengan email.

TIPS: Jika Anda ingin mengonlinekan bisnis Anda, maka email marketing haruslah Anda kuasai.

Click to Tweet

Perbedaan email dan email marketing terletak pada ijin (permission) dari penerima email dimana email marketing adalah permission based marketing.

Anda melakukan email marketing kepada orang-orang yang memang telah memberikan email dan ijin untuk Anda mengirimi email kepada mereka.

Tidak hanya email promosi atau penawaran saja, namun email dengan konten apapun yang relevan dengan ketertarikan mereka kepada apa yang Anda tawarkan

Keuntungan menggunakan email marketing untuk bisnis Anda adalah akan memudahkan melakukan hal-hal berikut yang terkait dengan pemasaran bisnis Anda secara global:

  1. Customer Acquisition
  2. Customer Activation
  3. Customer Retention

Dan untuk melakukan email marketing, Anda perlu menggunakan jasa layanan email marketing yang biasanya disebut dengan "Autoresponder".

Baca juga  Ukuran Postcard Beserta Sejarahnya

Autoresponder adalah sebuah tools atau sistem yang menjadikan proses marketing melalui email menjadi terstruktur dan termanajemen dengan baik serta mampu diotomatisasi dan discale-up.

Fungsi Email Marketing

  • Mengirimkan email ke ribuan pembeli dan calon pembeli Anda secara bersamaan dalam waktu singkat.
  • Mengumpulkan database email pembeli Anda.
  • Berkomunikasi langsung kepada ribuan pelanggan Anda, tanpa perantara.
  • Melakukan follow up secara otomatis calon pelanggan yang belum membeli produk Anda. 
  • Membuat promosi Anda berjalan sendiri secara otomatis.
  • Mendata dan menganalisa perilaku pelanggan Anda. 
  • Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda. 
  • Membuat segmentasi pembeli Anda berdasarkan: produk, kategori, kota tempat tinggal, event, dan lain-lain. 
  • Dan banyak lagi kelebihan lain.


Kelebihan Email Marketing

Ada dua hal yang menjadi kelebihan dari email marketing yaitu, biaya dan kemudahan

Melakukan pemasaran lewat email akan menghemat biaya secara jangka panjang dan didukung oleh kemudahan dalam menerapkannya jika dibandingkan dengan metode pemasaran online lainnya.

Sangat mudah disiapkan dan kita analisa hasilnya. Ini yang menjadikannya banyak dimanfaatkan oleh usaha UMKM hingga perusahaan-perusahaan besar berskala nasional dan internasional.

Sekarang yang menjadi pertanyaan penting dari email marketing adalah:

"Apakah email marketing masih berguna saat ini?"

Meskipun saat ini metode pemasaran paling populer adalah menggunakan media sosial, email marketing masih menjadi jantung pemasaran online berdasarkan studi yang dilakukan oleh Hostpapa:

  • 94% dari pengguna internet menggunakan email sedangkan hanya 61% menggunakan media sosial
  • 75% pengguna internet dewasa mengatakan bahwa email marketing merupakan metode pemasaran yang lebih mereka sukai
  • Fitur "Opt-in" dari email marketing membuat pemasaran jauh lebih mudah diterima karena ada persetujuan sebelumnya
  • Email marketing memberikan kemudahan dalam targeting dan segmentasi berdasarkan demografi 
  • Pesan dalam email jauh lebih mudah disesuaikan dan fleksibel sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dibanding dengan status di media sosial
  • Email menawarkan laporan dan analisa yang lebih rinci seperti click-through-rates (CTR), open rates, bounce rates dan tentu saja prosentase konversi
Baca juga  Pentingnya Membuat Pengumuman Dalam Email Marketing (Studi Kasus)

Untuk lebih rinci lagi, silahkan lihat dan pelajari infografis berikut ini:

Infografis Hostpapa

Salah satu manfaat besar dari email marketing jika dibandingkan dengan media sosial adalah prospek dan pelanggan lebih menyukai membaca email dibanding dengan media sosial. 

Kalau di media sosial, bukan berarti dengan memposting status yang ingin dilihat semua orang, maka mereka semuanya akan melihat postingan Anda. 

Status Anda akan berkompetisi dengan status-status orang lain bahkan iklan orang lain di media sosial itu sendiri dalam timeline newsfeed meskipun pengikut dan teman-teman di akun media sosial Anda adalah orang-orang yang menjadi target Anda. Kalau berdasarkan pepatah populer, status Anda bagaikan jarum di atas tumpukan jerami.

Berbeda dengan email yang akan tetap berada dalam inbox hingga mereka membacanya atau menghapusnya.

Idealnya, email marketing harus digabungkan dengan media sosial untuk mengoptimalkan potensinya. Seperti memberikan tombol "like" atau "share" sehingga membuka jalan alternatif untuk terhubung dengan produk atau bisnis Anda di media sosial.

Email marketing dapat meningkatkan pendapatan Anda secara dramatis jika dilakukan dengan benar dan juga merupakan cara yang efektif dan efisien dalam mendatangkan trafik secara jangka panjang karena prinsipnya adalah semakin banyak trafik maka pendapatan juga akan mengikuti.

Tips Email Marketing

  • Bangun sendiri list email marketing Anda. Jangan pernah membeli list email atau mendapatkan dengan cara apapun selain melalui "opt-in" atau dengan seijin dan sepengetahuan pemilik email yang akan menerima email marketing Anda
  • Patuhi peraturan dari CAN-SPAM act terkait dengan judul email, adanya cara untuk berhenti berlangganan email, dan pencantuman nama dan alamat pengirim email dibagian bawah email yang dikirimkan. Ini penting jika list email Anda berskala internasional khususnya menjangkau orang-orang di Amerika Serikat
  • Jangan hanya mengirimkan email promo atau penjualan saja, namun selingi dengan sharing tips dan strategi, insight, newsletter yang bermanfaat untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas kepada pelanggan
Baca juga  Menggunakan Judul Email Yang Sama Dalam Email Marketing (Studi Kasus)

Tinggalkan komentar