Fakta Menarik Seputar Anatomi Tubuh Manusia

Tubuh manusia terdiri dari banyak jenis sel yang menyatu menciptakan jaringan dan sistem organ. Ilmu tentang tubuh manusia antara lain anatomi tubuh manusia, physiology,  histologi, serta embriologi.

Physiology fokus pada sistem dan organ tubuh manusia serta fungsinya.

Sistem tubuh manusia

anatomi tubuh manusia
Photo credit: Google

Tubuh manusia terdiri dari sejumlah sistem biologis yang membawa fungsi spesifik yang dibutuhkan untuk kehidupan keseharian.

Tugas sistem sirkulasi tubuh adalah untuk menggerakkan darah, nutrisi, oksigen, karbon dioksida dan hormon, di sekitar tubuh. Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, darah, pembuluh darah, dan arteri.

Sistem pencernaan terdiri dari sejumlah organ yang terhubung bersama, membuat tubuh menyerap makanan, dan mengeluarkan kotoran. Sistem pencernaan tubuh mencakup mulut, esophagus, perut, usus kecil, usus besar, rektum, dan anus.

Liver dan pankreas juga berperan dalam sistem pencernaan karena memproduksi cairan pencernaan.

Sistem endokrin terdiri dari 8 kelenjar utama yang mensekresi hormon menjadi darah. Hormon kemudian berjalan ke jaringan berbeda dan mengatur berbagai fungsi tubuh, seperti fungsi metabolisme, pertumbuhan, dan seksual.

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan tubuh terhadap bakteri, virus, dan patogen lain yang bisa berbahaya.

Sistem kekebalan tubuh mencakup kelenjar limpa, limpa, tulang sumsum, limfosit (termasuk sel B dan sel T), dan leukosit atau sel darah putih.

anatomi tubuh manusia
Photo credit: Google

Sistem limfatik mencakup kelenjar  limpa dan pembuluh limpa, yang juga berperan dalam pertahanan tubuh.

Tugas utama sistem limfatik adalah untuk menghasilkan dan menggerakkan limpa, cairan jernih yang mengandung sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi.

Sistem limfatik juga mengeluarkan cairan limpa berlebih dari jaringan tubuh, serta mengembalikannya ke darah.

Baca juga  4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya

Sistem saraf mengontrol gerakan sadar dan gerakan tidak sadar seperti bernapas dan mengirim signal ke bagian tubuh berbeda.

Sistem saraf pusat mencakup otak dan modula spinalis. Sistem saraf peripheral terdiri dari saraf yang menghubungkan tiap bagian tubuh ke sistem saraf pusat.

Sistem otot terdiri dari sekitar 650 otot yang membantu gerakan, aliran darah, dan fungsi tubuh lainnya. Ada tiga jenis otot, otot skeletal yang terhubung ke tulang dan membantu gerakan tanpa sadar.

Ada otot halus yang ditemukan di dalam organ dan membantu menggerakkan unsur ke organ, serta otot kardiak yang ditemukan pada jantung dan membantu memompa darah.

Baca artikel lainnya tentang mengedit video.

Sistem reproduksi membuat manusia mampu bereproduksi. Sistem reproduksi pria terdiri dari penis dan testis, yang memproduksi sperma. Sistem reproduksi wanita terdiri dari vagina, rahim, dan indung telur yang menghasilkan sel telur.

Selama konsepsi, sel sperma menyatu dengan sel telur dan  terbentuk sel telur yang difertilisasi yang tertanam dan tumbuh di rahim.

Anatomi tubuh manusia didukung oleh sistem skeletal, yang terdiri dari 206 tulang yang terhubung oleh tendon, ligamen, dan kartilage. Skeleton tidak hanya membantu kita bergerak, tapi juga terlibat dalam produksi sel darah dan penyimpanan kalsium.

Gigi juga bagian dari sistem skeletal, tapi tidak dianggap sebagai tulang.

Sistem pernapasan memungkinkan kita menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida di proses yang kita sebut bernapas. Sistem pernapasan terdiri dari trachea, diafragma, dan paru-paru.

Sistem perkemihan membantu mengeluarkan produk sisa yang disebut urin dari tubuh, yang diproduksi ketika makanan tertentu dihancurkan. Sistem perkemihan mencakup dua ginjal, dua ureter, kandung kemih, dua otot sphincter, dan urethra.

Baca juga  Anak Sembelit: Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya

Urin diproduksi oleh ginjal dan mengalir ke ureter ke kandung kemih, lalu keluar dari tubuh melalui urethra.

Kulit atau sistem integumentary, adalah organ terbesar manusia. Kulit melindungi kita dari dunia luar, dan jadi pertahanan pertama terhadap bakteri, virus,dan patogen lainnya.

Kulit kita juga membantu mengatur suhu tubuh dan mengeluarkan kotoran melalui keringat. Selain kulit, sistem integumentary mencakup rambut dan kuku.

Orang vital pada anatomi tubuh manusia

anatomi tubuh manusia
Photo credit: Google

Manusia memiliki 5 organ vital yang penting untuk bertahan hidup. Organ vital ini adalah otak, jantung, ginjal, liver, dan paru-paru.

Otak manusia adalah pusat kontrol tubuh, yang menerima dan mengirim signal ke organ lain melalui sistem saraf dan hormon yang tersekresi. Otak manusia bertanggung jawab untuk pikiran, perasaan, simpanan memori dan persepsi umum terhadap lingkungan.

Jantung manusia bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Tugas ginjal adalah untuk mengeluarkan kotoran dan cairan berlebih dari darah. Ginjal mengeluarkan urea dari darah dan menggabungkannya dengan air serta kandungan lain untuk menghasilkan urin.

Liver punya banyak fungsi, termasuk detoksifikasi bahan kimia berbahaya, menghancurkan obat, menyaring darah, dan memproduksi protein pembeku darah.

Paru-paru bertanggung jawab mengambil oksigen dari udara yang kita hirup dan menyalurkannya ke darah yang bisa dikirim ke sel. Paru-paru juga mengeluarkan karbon dioksida.

Fakta menarik tentang anatomi tubuh manusia

Tahukah Anda bahwa tidak ada satu momen dimana tubuh tidak bekerja? Ini memang benar. Tubuh Anda seperti mesin yang bekerja untuk mendukung keseharian Anda. Faktanya, tubuh kita sangat mengagumkan.

Jantung dikenal karena perannya memompa darah ke seluruh tubuh di kecepatan yang mengagumkan, tapi tahukah Anda kalau ginjal memproses lebih dari 50 galon darah setiap hari? Jumlah ini mendekati 2 kali jumlah yang jantung terima setiap hari.

Baca juga  4 Penyakit Kulit Paling Berbahaya dan Penanganannya

Beberapa orang menganggap otak sebagai komputer tubuh, dan ini memang tidak berlebihan. Bila bicara tentang memori penyimpanan, otak menyimpan sektiar 256 exabyte, dan jumlah ini banyak sekali.

Tubuh Anda secara konstan bisa bergerak karena otot, tapi otot luar mata jadi otot yang paling sibuk. Otot ini bergerak lebih dari 100.000 kali setiap hari.

Hal lain yang juga akan mengejutkan Anda, paru-paru bisa terlihat kecil di dada, tapi area permukaan paru-paru bisa mencapai 70 meter persegi. Ini sama ukurannya dengan lapangan tenis.

Fakta menarik lainnya tentang anatomi tubuh manusia, selain sebagai awal dari proses pencernaan, liur juga mencegah kerusakan gigi dan mencegah jaringan tenggorokan mengering.

Anda memproduksi 0,4 galon (1,5 liter) liur setiap hari. Sepanjang hidup, Anda akan memproduksi liur yang cukup untuk mengisi hampir 3 kolam renang dengan ukuran 16 kaki.

Fakta menarik berikutnya tentang anatomi tubuh manusia:

  • Tubuh manusia terdiri hampir 100 triliun sel
  • Ada setidaknya 10 kali lipat bakteri di tubuh dan sel manusia
  • Rata-rata orang dewasa bernapas lebih dari 20000 kali setiap hari
  • Tiap hari, ginjal memproses sekitar 50 galon darah untuk menyaring sekitar 2 liter kotoran dan air
  • Orang dewasa mengeluarkan sekitar 1,42 liter urin setiap hari
  • Otak manusia mengandung sekitar 100 juta sel saraf
  • 50 persen rata-rata berat tubuh manusia terdiri dari air.

 

Tinggalkan komentar